Laporan PTK “Metode Simulasi pada PAI”


PENGGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX.B SMP N 1 SITIUNG

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang Masalah

 Pendidikan yang bermutu akan menghasilkan manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia. Hal ini sejalan dengan (Undang-Undang No. 20 Tahun 2003) tentang sistem pendidikan nasional, yaitu pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar jadi manusia yang beriman, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, mandiri dan bertanggung jawab terhadap keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk mencapai tujuan pendidikan, Pemerintah berusaha meningkatkan mutu dan pengelolaan pendidikan, dengan melakukan berbagai usaha antara lain disempurnakannya kurikulum, melengkapi sarana prasarana, dan peningkatan kualitas guru, sehingga guru mampu menggunakan media dan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkaitan dengan pendidikan akhlak, tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa pendidikan akhlak dalam pengertian Islam adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan agama. Pendidikan Islam menurut (Ahmad Tafsir dalam Abdullah, 2002: 37) adalah bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam. Bila disingkat, pendidikan Islam ialah bimbingan terhadap seseorang agar ia menjadi muslim semaksimal mungkin. Sesuai dengan tujuan tertinggi pendidikan Islam yaitu pembentukan akhlak karimah.

Mata pelajaran PAI dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Matode pembelajaran adalah cara digunakan menyampaikan pesan pembelajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran PAI jenis-jenis metode yang dapat digunakan yaitu metode diskusi, metode tanya jawab, metode sosiodrama, bermain peran.  Salah satunya adalah metode simulasi.

Metode pembelajaran simulasi memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi sehingga dapat mengurangi rasa takut. Dengan mensimulasikan sebuah kasus atau masalah, seorang akan lebih menjiwai keberadaannya.

Menurut Wina  (2008:159) metode simulasi adalah:

“Simulasi artinya berpura-pura atau berbuat seakan-akan, sebagai metode mengajar, metode simulasi dapat diartikan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Simulasi dapat digunakan sebagai metode mengajar dengan asumsi tidak semua proses pembelajaran dapat dilakukan secara langsung pada objek yang sebenarnya”.

Sedangkan menurut Davies (1987:241) “bahwa metode simulasi dapat ditujukan untuk mengetahui keterampilan kognitif yang diperoleh dari metode lain, dan untuk mengubah sikap, dan lebih lanjut metode ini semua masalah dipecahkan, bukan dengan membahas masalah itu, melainkan dengan mensimulasikan situasi dalam mana masalah itu terjadi”.

Metode simulasi bertujuan membuat siswa aktif dan berinteraksi langsung untuk memupuk dan melatih keberanian siswa, memupuk daya cipta dan belajar menghargai pendapat orang lain. Metode ini memang sama dengan bermain peran tetapi dalam metode simulasi lebih banyak berperan sebagai dirinya sendiri saat melakukan suatu kegiatan/tugas yang benar-benar akan dilakukan.

Keunggulan metode simulasi antara lain adalah, (1) metode ini dapat mempelajari situasi yang nyata, (2) bisa membuat siswa belajar dari umpan balik yang datang dari dirinya sendiri, (3) bisa melatih siswa dalam mensimulasikan sesuatu sehingga siswa menjadi lebih berani, dan (4) siswa dapat lebih menggunakan sekumpulan fakta dan konsep.

Dari hasil observasi di SMP Negeri 1 Sitiung, terlihat pembelajaran PAI, guru dominan menggunakan metode ceramah, dimana dalam pembelajaran guru yang berperan aktif sementara siswa hanya mendengarkan sehingga pembelajaran menjadi menoton yang akibatnya hasil pembelajaran belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang diharapkan, maka guru harus melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan masalah di atas, maka peneliti tertarik melakukan penelitian tindakan kelas dengan Judul: Penggunaan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IX.B SMP N 1 Sitiung.

B.     Rumusan Masalah

Sesuai dengan judul maka yang menjadi rumusan masalah adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah rancangan pembelajaran PAI dengan penggunaan metode simulasi untuk meningkatkan hasil pembelajaran di kelas IX.B SMP N 1 Sitiung?
  2. Bagaimanakah melaksanakan rencana pembelajaran PAI dengan penggunaan metode simulasi untuk meningkatkan hasil pembelajaran IX.B SMP N 1 Sitiung?
  3. Bagaimanakah hasil pembelajaran PAI dengan penggunaan metode simulasi di kelas IX.B SMP N 1 Sitiung?

C.    Tujuan Penulisan

Berkaitan dengan judul dan perumusan masalah, maka tujuan dalam penelitian ini adalah:

  1. Mendeskrifsikan rancangan pembelajaran PAI dengan penggunaan metode simulasi untuk meningkatkan hasil pembelajaran di kelas IX.B SMP N 1 Sitiung.
  2. Mendeskrifsikan pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode simulasi untuk meningkatkan hasil pembelajaran PAI di kelas IX.B SMP N 1 Sitiung.
  3. Mendeskrifsikan hasil pembelajaran PAI dengan menggunakan metode simulasi di kelas IX.B SMP N 1 Sitiung.

D.    Manfaat  Penenelitian

Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagi peneliti, untuk menambah wawasanan pemahaman tentang penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran PAI di SMP.
  2. Bagi siswa untuk mempermudah pemahaman materi pembelajaran PAI dan untuk meningkatkan hasil pembelajaran penggunaan metode simulasi.
  3. Bagi guru, dapat menambah pengetahuan dalam rencana pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran PAI penggunaan metode simulasi.
  4. Bagi Dinas Pendidikan untuk masukan dalam pengembangan pendidikan di SMP.
About these ads
Categories: PTK | Tags: , , , , , , , , | 16 Komentar

Navigasi pos

16 thoughts on “Laporan PTK “Metode Simulasi pada PAI”

  1. terjadi peningkatan hasil belajar gak?? kenaikannya berapa persen??

  2. mau baca versi lebgkapnya bisa? alvanasbullah@yahoo.co.id terimakasih

  3. 14n.h4uld@gmail.com

    bisa kirip versi lengkapnya ini alamat email sy,,,ian_tyra@yahoo.co.id
    trims,…

  4. Kalo saya bisa minta versi lengkapnya ga ya>>> sebelumnya trima kasih banyka yaa…

  5. alamat e-mail saya…. wahyu_samy@yahoo.com… tnx

  6. Wagie

    Bisa minta tolong kirimkan versi lengkapnya ke email saya?
    Ini alamatnya : wagie_muhammad.alief@yahoo.co.id
    Terimakasih.

    Wagie

  7. Na'imah El Khofedz

    admin yg baik hati…Bisa minta tolong kirimkan versi lengkapnya ke email saya?
    Ini alamatnya : naimah_wae@yahoo.com
    Terimakasih.

  8. Agan bisa tolong share ke saya? hendrilidayani@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: