PTK “PENDEKATAN PROSES MEMBACA” Bahasa Indonesia SMP


PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMBACA INDAH MELALUI PENDEKATAN PROSES MEMBACA BAGI SISWA KELAS VIII.A SMPN 2 KOTO BARU

BAB I

 PENDAHULUAN

 A.      Latar Belakang Masalah

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) menurut Depdiknas (2006:317) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tertulis, jadi untuk mewujudkan tujuan tersebut ada ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SD  yaitu: menyimak, berbicara, membaca, menulis (Depdiknas, 2004:4). Pendapat tersebut juga dipertegas oleh Depdiknas (2006:318) yang menyatakan ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut: 1) mendengarkan, 2) berbicara, 3) membaca, dan 4) menulis.

Pembelajaran membaca di SD dibedakan menjadi dua yaitu membaca permulaan untuk kelas I dan II, membaca lanjutan selanjutnya disebut membaca pemahaman untuk kelas III-VI (Puji, 2006:3.19). Pembelajaran membaca lanjutan bertujuan agar siswa mampu mengambil manfaat dan pesan yang disampaikan penulis melalui bacaan. Dengan kata lain membaca lanjutan bertujuan agar siswa mampu memahami isi, menyerap pikiran dan perasaan orang lain melalui tulisan.

Menurut Saleh (2006 :107)  jenis membaca yang diajarkan pada siswa SD adalah: “1) membaca nyaring, 2) membaca intensif, 3) membaca memindai, 4) membaca indah, 5) membaca cepat, 6) membaca bersuara, 7) membaca dalam hati, 8) membaca sekilas, dan 9) membaca pustaka”. Berdasarkan pendapat tersebut maka salah satu jenis membaca yang harus dikuasai oleh siswa adalah membaca indah. Membaca indah yaitu cara membaca yang lebih difokuskan pada penyatuan pengalaman kehidupan melalui buku-buku yang relevan dengan pengalaman yang menyentuh perasaan pembaca.

Puji (2006:3.20) mengemukakan bahan bacaan yang digunakan untuk membaca indah adalah puisi atau fiksi/cerita sastra anak. Kegiatan yang dilakukan bersifat apresiatif sehingga melibatkan emosi, memerlukan penghayatan, penjiwaan dalam membaca.

Menurut Saleh (2006:109) Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk mengajarkan membaca indah khususnya membaca puisi adalah pendekatan proses membaca. Pendekatan proses berkaitan dengan cara  belajar siswa aktif karena pembelajaran ini tidak hanya mementingkan pencapaian prestasi belajar yang berkualitas tinggi, melainkan juga mementingkan proses menuju tujuan pendidikan.

About these ads
Categories: PTK | Tags: , , , , , , | 6 Komentar

Post navigation

6 thoughts on “PTK “PENDEKATAN PROSES MEMBACA” Bahasa Indonesia SMP

  1. aris

    apa pendekatan terbaru dalam pembelajaran bahasa indonesia di SD, mau buat skripsi ni

    • pendekatan yang terbaru nggak tau juga bro, tapi kebanyakan orang memilih pendekatan cuma berdasarkan masalah. seperti apa permasalahan disekolah yang mau bro teliti…

  2. kinanti

    boleh minta daftar referensinya?

  3. Nurfajar Alamsyah

    Gimana caranya mendownloadnya toh. Agaknya kok ndak bisa dan sedikit sulit. Bisalah untuk berbagi dengan kita.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: