Laporan PTK Problem Based Learning (PBL)


“IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PGSD”


BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Tuntutan era globalisasi membuat setiap orang harus mampu untuk bersaing sesuai kompetensi yang dimiliki. Upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) tertuju pada jenjang perguruan tinggi, dengan adanya jenjang yang lebih tinggi diharapkan proses pemahaman akan menjadi lebih berkembang dan dewasa dari pada pendidikan sebelumnya. Mahasiswa sebagai sumber daya manusia (SDM) harus mampu untuk menempatkan dirinya sesuai kondisi fisik dan psikologisnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dapat masuk pada perguruan tinggi yang mampu untuk meningkatkan mutu pendidikan. Upaya-upaya peningkatan prestasi belajar mahasiswa senantiasa dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi pada setiap faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Proses peningkatan hasil prestasi mahasiswa diperlukan pedoman peningkatan mutu dengan acuan  kurikulum sebagai rencana dalam metode pembelajaran. Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara  penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi (Pasal 1 Butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa). Paradigma pengajaran yang menitikberatkan pada pendidik dalam mentransformasikan pengetahuan  telah bergeser pada peran peserta didik dalam  mengembangkan peran dan kemampuan yang dimiliki.  Kurikulum di perguruan tinggi saat ini telah diubah yaitu dari kurikulum berbasis kompetensi (KBK) menjadi  kurikulum  tingkat satuan pendidikan  (KTSP)  berdasarkan  SK Mendiknas No 323/U/2002. Kurikulum tingkat satuan pendidikan dapat merubah dari mahasiswa yang kurang kompeten menjadi mahasiswa yang lebih kompeten.

Pengembangan mutu pembelajaran menuju kurikulum tingkat satuan pendidikan, menggunakan metode pembelajaran di perguruan tinggi  memerlukan metode yang relevan  untuk meningkatan prestasi belajar  yang dalam hal ini  tidak lagi berbentuk teacher centered content oriented  (TCCO) tetapi diganti dengan menggunakan prinsip  student centered learning (SCL). Proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan SCL (Student Centered Learning) menjadi salah satu pilihan dalam KTSP.

Bidang pendidikan pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 19 ayat 1 yang menyatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan minat peserta didik. Hal ini menunjukkan adanya perubahan pada tuntutan metode pembelajaran.  Hal tersebut menjadikan paradigma yang  terjadi  lebih menekankan pada peserta didiknya untuk lebih aktif.

Perubahan paradigma metode pembelajaran berpusat pada peserta didik telah diterapkan pada beberapa perguruan tinggi baik di dunia maupun di Indonesia. Berbagai metoda telah banyak ditemukan oleh para peneliti pendidikan  tinggal memilih mana yang relevan terhadap suatu mata kuliah. Melatih berpikir analitis, kreatif, berfikir kritis dan manajemen waktu dapat dilakukan pendekatan  SCL yang salah satunya  dengan menggunakan  metode  Problem Based Learning (PBL). Metode  pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diterapkan untuk mempersiapkan lulusan tenaga pendidik yang berkompeten dan siap dalam menghadapi era  globalisasi yang diakui secara Nasional dan Internasional.

Categories: PTK | Tags: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: