Laporan PTS “Supervisi Pengawas untuk Pelaksanaan Tugas Guru”


UPAYA SUPERVISI PENGAWAS UNTUK MENINGKATKAN PELAKSANAAN TUGAS GURU
DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN KELAS
DI SDN KOTO BARU

BAB I

PENDAHULUAN

 A.  Latar Belakang

Mutu pendidikan sampai saat ini masih menjadi pembicaraan menonjol di kalangan pendidikan khususnya, dan di masyarakat umumnya. Mutu pendidikan di Indonesia oleh para pakar pendidikan dinilai masih rendah. Menurut pangamatan penulis, rendahnya kinerja guru merupakan salah satu unsur penyebab rendahnya mutu pendidikan. Rendahnya kualitas guru tampak pada pelaksanaan proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru kurang mempersiapkan diri, yaitu tidak adanya perencanaan yang baik sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan untuk pelaksanaan tugas guru dalam hal melaksanakan manajemen kelas.

Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 pada pasal 20 dijelaskan, bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh/model silabus dan RPP. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang sering disebut KTSP sudah dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman sejak tahun pelajaran 2007/2008. Berdasar pada standar isi (SI) yang terdiri dari standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD)  dibuatlah silabus. Dalam pembuatan silabus seorang guru dituntut untuk mengembangkan kompetensi dasar yang ada dilengkapi dengan materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. Setelah silabus dibuat, selanjutnya guru membuat RPP. RPP merupakan perangkat yang harus dibuat oleh guru untuk persiapan mengajar agar pengelolaan kelas saat pelaksanaan pembelajaran dapat berhasil. Dalam penyusunan RPP terdapat manajemen kelas untuk menghasilkan proses belajar yang bermutu.

Kenyataan di lapangan RPP pembelajaran tematik yang dibuat guru kualitasnya masih sangat rendah, artinya guru belum bisa mengintegrasikan dengan luwes beberapa mata pelajaran dalam satu hari melalui tema yang ada ke dalam kegiatan strategi pembelajaran/langkah-langkah pembelajaran sehingga pengelolaan kelas dalam PBM belum optimal. Ada guru yang tidak membuat RPP dengan alasan belum bisa membuat RPP pembelajaran tematik.
Setelah penelitian ini pengawas sekolah diharapkan akan lebih sering mengadakan supervisi manajerial dan memberi pembinaan, khususnya dalam melaksanakan manajemen kelas dan KBM-nya. Dengan supervisi manajerial akan memotivasi guru untuk meningkatkan tanggung jawabnya dan meningkatkan kinerjanya lebih profesional.

Berdasar kondisi awal dan kondisi akhir, kualitas pelaksaan tugas guru ada kesenjangan. Untuk memecahkan masalah ini peneliti melakukan penelitian supervisi manajerial untuk meningkatkan pelaksanaan tugas guru dalam melaksanakan manajerial di SDN Kecamatan Koto Baru. Diharapkan melalui supervisi manajerial yang dilaksanakan oleh pengawas dapat meningkatkan pelaksanaan tugas guru dalam hal melaksanakan manajemen kelas di SDN Kecamatan Koto Baru.

Categories: PTS | Tags: , , , , , , | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “Laporan PTS “Supervisi Pengawas untuk Pelaksanaan Tugas Guru”

  1. gilang

    ada yg lengkap gak gan…

  2. saya butuh tulisan anda untuk perbandingan, mhn ditulis lengkap

  3. irrahaira@yahoo.com

    blh ga pak minta contoh yg lengkap.buat di contoin ama kite

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: