Laporan PTK ” VCT Reportase”


PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN  METODE VCT  REPORTASE DI KELAS IV SD NEGERI 14 KOTO BARU

BAB I

PENDAHULUAN

Pada bab ini akan dikemukakan (1) latar belakang, (2) rumusan masalah, (3)  tujuan penelitian, dan (4) manfaat penelitian yang akan peneliti sajikan sebagai berikut.

  1. A.    Latar Belakang

Proses pembelajaran merupakan proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa merupakan syarat utama bagi berlangsung proses pembelajaran. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD). Tujuan mata pelajaran PKn di dalam Depdiknas (2006:271) agar siswa dapat:

1)        Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan; 2) berpartisipasi secara aktif, bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta anti korupsi; 3) berkembang secara positif, dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya; 4) berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan diperlukan suatu metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemampuan menguasai metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan utama yang harus dimiliki guru, karena kemampuan menguasai dan menggunakan metode yang tepat akan  berpengaruh terhadap keberhasilan siswa baik keberhasilan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penggunaan berbagai metode harus disesuaikan dengan karakteristik tujuan pembelajaran, karakter/kualifikasi butiran materi pelajaran, situasi dan lingkungan belajar siswa, tingkat perkembangan dan kemampuan belajar siswa.

Salah satu metode pembelajaran yang dianggap cocok diterapkan dalam Pendidikan Kewarganegaraan adalah metode VCT (Value Clarification Technigue). Pola pembelajaran VCT menurut Djahiri (1997:129) “dianggap unggul untuk pembelajaran afektif karena mampu membina dan mempribadikan nilai, moral, norma dan mampu mengklarifikasikan dan menilai kualitas nilai-moral diri siswa dan nilai moral dalam kehidupan nyata, mampu mengundang, melibatkan, membina dan mengembangkan potensi diri siswa terutama potensi afektualnya, mampu memberikan pengalaman belajar berbagai kehidupan, mampu menangkal, meniadakan, mengintervensi dan menyubversi berbagai nilai-moral yang ada dalam sistem nilai dan moral yang ada dalam diri seseorang, menuntun dan memotivasi hidup layak dan bermoral tinggi”

Djahiri (1997:130) menyatakan VCT merupakan “Suatu metode dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengungkapkan nilai-nilai moral atau sikap peserta didik atau siswa membina kesadaran emosionalnya melalui cara yang kritis, mengklarifikasi dan menguji kebenaran, kebaikan, keadaan, kelayakan, dan ketepatannya. ”Manfaat metode VCT adalah: membantu kemudahan proses klarifikasi nilai-moral dan norma yang harus dikaji dan diserap peserta didik, meningkatkan kepaduan proses kegiatan belajar siswa kognitif dengan afektif dan psikomotor, meningkatkan kepaduan antara dunia persekolahan dengan dunia kehidupan nyata.

Masalah pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang terjadi di sekolah dasar ditinjau dari segi guru, dalam proses pembelajaran guru dominan menggunakan metode ceramah, sedangkan tidak semua materi dapat diajarkan dengan menggunakan metode ceramah, akibatnya pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik minat belajar siswa. Salah satu metode yang dianggap cocok untuk pembelajaran PKn adalah metode VCT Reportase. Keunggulan dari metode VCT Reportase adalah mampu membina dan mempribadikan nilai, moral, norma dan mampu mengklarifikasikan, menilai kualitas nilai, moral, norma diri siswa dan nilai moral dalam kehidupan nyata.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru serta peninjauan langsung dalam kelas saat pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru, terbukti bahwa pelaksanaan pembelajaran yang di lakukan guru dominan dengan metode berceramah , sehingga hasil  pembelajaran kurang maksimal.

Berdasarkan masalah di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode VCT Reportase di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru”

 

B.   Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka yang menjadi rumusan  masalah dalam penelitian ini adalah:

1.   Bagaimanakah bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kedisiplinan dalam Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode VCT Reportase di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru?

2.   Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kedisiplinan dalam Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode VCT Reportase di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru?

3.   Bagaimana peningkatan hasil pembelajaran kedisiplinan dalam  Pendidikan Kewarganegaran dengan metode VCT Reportase di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru?

C.  Tujuan Penelitian

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melihat proses belajar mengajar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, secara khusus dapat bertujuan untuk:

  1. Mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kedisiplinan dalam Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode VCT Reportase di kelas Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru.
  2. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kedisiplinan dalam  Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode VCT Reportase di kelas Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru.
  3. Mendeskripsikan hasil pembelajaran kedisiplinan dalam Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode VCT Reportase di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Koto Baru.

D.  Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.   Bagi peneliti, meningkatkan pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan degan metode VCT Reportase, meningkatkan keterampilan tentang pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode VCT Reportase, meningkatkan keterampilan tentang cara mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode VCT Reportase.

  1. 2.       Bagi guru, sebagai bahan masukan dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode VCT Reportase.
  2. Bagi siswa, siswa dapat mewujudkan tujuan pembelajaran PKn, siswa dapat menjadi warga negara yang baik (cerdas, rasional, emosional, spritual, dan sosial)
Categories: PTK | Tags: , , , , , , , , , , , , , | 10 Komentar

Navigasi pos

10 thoughts on “Laporan PTK ” VCT Reportase”

  1. sebelumnya trims krn lewat blok ini, saya mendapat tambahan pengetahuan.
    untuk menyelesaikan program S1 saya, saya mengharapkan bantuan saudara untuk memberikan pencerahan, karena terkendala pada tinjauan pustaka, terutama pada teknik reportase ini. untuk ini sekiranya dapat membantu saya

  2. assalamualikum…WR.WB
    blog ini memang saya buat untuk berbagi. semoga apa yang saya kirim dapat bermanfaat bagi saudara qodratullah. BAB II nya saya kirim ke email saja ya…..

  3. maaf mas apakah boleh skripsi anda saya jadikan sebagai hasil penelitian yang relevan untuk skripsi sayA ?

  4. mas saya boleh mengetahui hasil dari penelitiannya mas pada setiap siklusnya sebagai bahan reverensi … dan apakah mas punya bukunya djahiri mas ?? saya kurang reverensi di bab 2 nya

    • boleh, nanti saya kirim ke emailnya ya… saya cari dulu Filenya. kalau buku djahari saya nggak punya. saya biasa cari referensi di perpustakaan UNP atau pustaka daerah di padang.

  5. ocha

    mohon maaf mas, apakah saya boleh mengetahui kajian teori ttg vct ini beserta daftar pustakanya? terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: