PTK Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) PKn SMP


Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered  Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP N 1 Sitiung

PENDAHULUAN

 

Pada bab ini akan dikemukakan (1) latar belakang, (2) rumusan masalah, (3)  tujuan penelitian, dan (4) manfaat penelitian yang akan peneliti sajikan sebagai berikut.

A.    Latar Belakang

Proses pembelajaran merupakan proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa merupakan syarat utama bagi berlangsung proses pembelajaran. Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Tujuan mata pelajaran PKn di dalam Depdiknas (2006:271) agar siswa dapat:

1)        Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan; 2) berpartisipasi secara aktif, bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta anti korupsi; 3) berkembang secara positif, dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya; 4) berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan diperlukan suatu metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemampuan menguasai metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan utama yang harus dimiliki guru, karena kemampuan menguasai dan menggunakan metode yang tepat akan  berpengaruh terhadap keberhasilan siswa baik keberhasilan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penggunaan berbagai metode harus disesuaikan dengan karakteristik tujuan pembelajaran, karakter/kualifikasi butiran materi pelajaran, situasi dan lingkungan belajar siswa, tingkat perkembangan dan kemampuan belajar siswa.

Arief (2005:2) menyatakan “Pemilihan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan potensi siswa merupakan kemampuan dan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru.” Hal ini didasari oleh asumsi, bahwa ketepatan guru dalam memilih model dan metode pembelajaran akan berpengaruh terhadap keberhasilan dan hasil belajar siswa. Kondisi pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada saat ini masih banyak menggunakan model belajar konvensional (metode ceramah). Pada pembelajaran siswa hanya menjadi objek sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang. Pembelajaran kurang merangsang siswa untuk bisa mandiri sehingga prestasi siswa kurang optimal. Padahal seharusnya dalam Pendidikan Kewarganegaran (PKn) guru harus bisa menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa seperti Model Cooperative Learning. Menurut Etin (2005:3) “Model Cooperative Learning dapat mengembangkan potensi diri siswa secara optimal. Karena siswa dijadikan subjek dari pembelajaran.”

Categories: PTK | Tags: , , , , , , , | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “PTK Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) PKn SMP

  1. kak , katanya mau posting penelitian ttg pendidikan karakter . mana kak ??

  2. belum evi ajuin kak , krn PA nya lg naek haji . tp evi pengen bgt loh angkat tema ttng UKG itu . evi pengen ngajuin judul yg dr kakak kmrn🙂

  3. evi

    kak ada format penilaian afektif materi pkn kelas 5 gak.nek ada aku mta

    • kalau format penilaian afektif nggak ada tuh. bikin aja kayak angket atau rubrik. emang buat menilai sikap yang kayak gimana? mana tau contoh lainnya saya punya….

    • kalau format penilaian afektif nggak ada tuh. bikin aja kayak angket atau rubrik. emang buat menilai sikap yang kayak gimana? mana tau contoh lainnya saya punya….

  4. putra

    saya putra dari aceh, saya menginginkan skripsi lengkap pkn dengan judul:
    Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP N 1 Sitiung
    ini alamat email saya: putra_aceh87@yahoo.co.id

  5. Putra Aruisay

    hello…….salam kenal bwt pemilik blog ni.. saya Aruisay Putra dari Papua,,, kak, tolong kirim saya skripsi lengkap dengan judul “PTK Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) PKn SMP” saya sangat menginginkannya dalam penyelesaian akhir study. atas bantuanmu di haturkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: