Skripsi Korelasi Minat Baca Buku Pelajaran Dengan Hasil Belajar


Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konversi Energi di Kelas X SMK Negeri 1 Dharmasraya

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas bangsa. Melalui pendidikan diharapkan dapat dihasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan tuntutan era globalisasi dan kemajuan teknologi. Jadi pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Dharmasraya merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang memiliki tugas untuk menghasilkan tenaga kerja tingkat rendah yang mendiri, berkompetensi, mampu bersaing serta memiliki motivasi sehingga mampu memanfaatkan dan mengembangkan pengetahuan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hal ini menuntut agar SMK selalu meningkatkan mutu lulusannya. Peningkatan mutu lulusan ini dapat dilakukan dengan meningkatkan disiplin belajar, meningkatkan motivasi belajar, menerapkan metode pembelajaran yang tepat, meningkatkan kompetensi guru, melengkapi sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar, serta melakukan dan mengembangkan penelitian-penelitian yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut.

Peningkatan mutu pendidikan di suatu sekolah dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Semakin baik prestasi belajar siswanya, maka semakin baik pula mutu pendidikan sekolah tersebut. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah motivasi.

Dalam UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Dari uraian-uraian tersebut menunjukkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Menurut Wiwik Kusdaryani (2009: 234) untuk mencapai negara yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan minat baca yang besar. Membaca adalah kunci ke gudang ilmu. Ilmu yang tersimpan dalam buku harus digali dan dicari melalui kegiatan membaca dalam Djago Tarigan (1987: 135).

Membaca pada era globalisasi informasi ini merupakan suatu keharusan yang mendasar untuk membentuk perilaku seorang siswa. Dengan membaca seseorang dapat menambah informasi dan memperluas ilmu pengetahuan serta kebudayaan. Tetapi tanpa adanya minat, siswa tidak akan tertarik untuk membaca. Minat merupakan faktor yang sangat penting yang ada dalam diri setiap manusia. Meskipun motivasinya sangat kuat, tetapi jika minat tidak ada tentu kita tidak akan melakukan sesuatu yang dimotivasikan pada kita. Begitu pula halnya kedudukan minat dalam membaca menduduki tingkat teratas, karena tanpa minat seseorang sukar akan melakukan kegiatan membaca (Tarigan, 1990).

Berdasarkan pengamatan penulis di SMK Dhuafa Nusantara Padang, minat membaca siswa masih sangat rendah. Di sekolah siswa jarang mengunjungi perpustakaan untuk membaca, melainkan mereka lebih suka mengobrol atau bermain. Metode pengajaran di sekolah juga dirasakan masih kurang untuk memotivasi siswa aktif membaca atau mencari buku di perpustakaan. Hal ini juga disebabkan karena terbatasnya koleksi buku yang ada di perpustakaan sehingga menyebabkan para siswa tidak tertarik untuk mengunjungi perpustakaan. Selain itu, kondisi siswa di SMK Dhuafa Nusantara Padang sebagian besar memiliki latar belakang ekonomi menengah ke bawah. Hal ini mempengaruhi efektivitas belajar siswa, khususnya sumber belajar yang dimiliki di rumah. Kurangnya sumber belajar tersebut akan mempengaruhi minat baca siswa.

Pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin siswa dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar, salah satu usaha yang harus dilakukan siswa dalam belajar Dasar-dasar Teknik Mesin adalah dengan banyak membaca referensi untuk menambah pemahaman tentang materi yang ada dalam pembelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar dicapai siswa masih rendah salah satu data yang dapat dilihat adalah dari nilai ulangan harian pertama pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin kelas X SMK Dhua’fa Nusantara Padang Tahun Ajaran 2012/2013. Nilai rata-rata siswa 6,3 dan ini merupakan masih dibawah KKM yang ditentukan yaitu pada standar 7. Dari informasi yang didapatkan dari guru yang mengajar, keadaan ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya siswa kurang membaca serta memahami materi yang diberikan guru.

Pembelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin menuntut siswa banyak membaca, ini disebabkan pada pembelajaran dasar-dasar teknik mesin terdapat banyak teori dasar tentang proses-proses dalam bidang teknik mesin. Pengetahuan seperti itu tidak bisa hanya didapat dari pengetahuan yang dijelaskan guru di kelas, siswa harus lebih aktif mencari pengetahuan dari referensi lain dan semua itu dilakukan dengan banyak membaca tentang materi yang berkaitan dasar-dasar teknik mesin. Peranan pembelajaranan Dasar-dasar Teknik Mesin ini sangat besar, karena ini merupakan konsep dasar dalam bidang teknik mesin. Pengetahuan teori yang terdapat di dalamnya memiliki keterkaitan dengan prakteknya di bengkel atau di dunia industri.

Penulis melihat bahwa kunci keberhasilan siswa dalam belajar adalah minat belajar siswa serta kesiapan siswa itu sendiri. Dalam mengerjakan test yang diberikan guru, siswa harus siap baik dari mental ataupun pengetahuan yang dimilikinya, sehingga hasil belajar yang akan didapatkan akan lebih baik. Belajar  yang harus dilakukan siswa bukan hanya diruang kelas akan tetapi juga harus ditempat lain, belajar juga tidak harus dengan bimbingan guru akan tetapi juga bisa dilakukan sendiri.

Daya tangkap siswa terhadap mata pelajaran berbeda-beda, ada yang mudah menerima pelajaran dan sebaliknya ada yang lambat mengikutinya. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh cepat lambatnya siswa dalam menguasai materi pelajaran. Cepat lambatnya siswa dalam menguasai materi pelajaran juga dipengaruhi oleh rendahnya minat baca siswa. Siswa yang lambat dalam menguasai materi pelajaran akan mengalami banyak kesulitan yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Hasil belajar Pengetahuan Dasar Tenik Mesin (PDTM) siswa satu sama lain berbeda. Siswa-siswa yang memiliki nilai tinggi biasanya cenderung lebih rajin membaca.

Berdasarkan fenomena yang terjadi, penulis tertarik melakukan penelitian mengenai hubungan minat baca buku pelajaran dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjudul : “Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mesin Konversi Energi di Kelas X SMK Negeri 1 Dharmasraya”.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , , , | 12 Komentar

Navigasi pos

12 thoughts on “Skripsi Korelasi Minat Baca Buku Pelajaran Dengan Hasil Belajar

  1. reni

    Kalau nyari uang kreatif lah pak, jangan copas karya orang laen. Judul jg bukan ente yg buat itu melanggar hak cipta namanya dengan mempost karya orang lain (Lihat Undang-undang tentang hak cipta Nomor 19 Tahun 2002). Minta izin atau apa kek… (sebagai orang berpendidikan pasti ngerti kan??) karajo ndak sabara, pitih yg di utamakan sekarang karya orang tu yg dipublikasikasikan dmana malunya bung?? Dia bayar mahal atas kerjamu yg tidak SEBERAPA itu, tapi jangan dirugikan kaya gini dong!! untung aja ORANG yg jd korban kamu ini sabar n gak mau memperpanjang masalah, tp SAYA yg mengetahui hal ini tidak bisa diam n menutup mata atas ketidakadilan ini. kalo mo cepat kaya gak kaya gini caranya bung, orang kaya n sukses itu karena USAHA N KERJA KERAS.

    • kreatif? pendidikan? undang2 hak cipta? yang bener tu ??? sebelum saya mikir apa anda sudah mikir? yang buat siapa mbak??? bayar… ya pasti lah saya kerja kok. kalau judul saya udah biasa tuh dari klain… kalau mbak kurang puas gini aja, kita main gimana enak nya aja. saya balikin uang trus saya bilang ke kampus kalau itu saya buat. mungkin suami anda bisa mulai dari awal lagi. anda tau isi blok saya. saya bukan cuma sekali ini yag buatin untuk orang, udah bejibun dan itu bukan cuma untuk S1 bahkan ada yang lebih tinggi. selama ini nggak ada yang bermasalah tu, aman2 aja.

      • Reni

        Kamu yg buat?? haloo….. gak salah tuh. Perlu saya jelasin ya, kerjaan pertama anda itu lebih banyak melenceng dari judul dan tidak MENGGAMBARKAN SAMA SEKALI yang dimaksud judul tersebut. Pertama, yg mau diteliti itu tentang MINAT BACA, tapi yang Anda bahas panjang lebar itu adalah MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR yg tidak ada hubungannya dengan judul. Kedua kerangka konseptual yang anda buat salah. Perbaikan yang kedua, dikasih gambaran sampai BAB 3, jadi anda tinggal menambahkan saja, bukan 100% hasil kerja anda. jadi jelaskan Gambaran kerja anda itu gimana. kami tidak minta uang yang telah dibayarkan kembali, Alhamdulillah masalah uang tak masalah bagi kami. yang kami inginkan anda ada tidak meminta izin pada kami. Toh itu bukan hasil kerja anda 100%. sekurang-kurangnya ada itikad baik anda meminta izin pada kami utk diposting dlm blog anda. Tak perlulah anda membangga-banggakan pendidikan anda, meskipun saya cuma lulusan S1 tapi setidaknya saya mengerti tata cara bagaimana cara MENGHARGAI orang lain dan hasil karyanya.

      • perlu…yuk ketumu kita cek apa yang anda buat dan saya buat….

  2. Reni

    Kalau nyari uang kreatif lah, jangan copas karya orang lain. Judul juga bukan ente yang buat. Itu melanggar hak cipta namanya (lihat Undang-Undang tentang Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002). sebagai orang berpendidikan pasti ngerti kan,ngomong atau minta kek… jan karajo ndak SEBERAPA tapi Uang yg Diutamakan sekarang karya orang tu yang dipublikasikan. Dia sudah bayar atas kerjamu yg tidak SEBERAPA. Orang yang jadi korban kamu ini sabar dan tidak mau memperpanjang masalah, tapi SAYA yang mengetahui hal ini tidak bisa diam dan menutup mata atas KETIDAKADILAN ini. kalo mo cepat kaya bukan kaya gini caranya, bung!! orang kaya dan sukses karena USAHA dan KERJA KERAS

  3. Reni

    Jangan beraninya cuma mendelete coment aja, apa-apan tuh?? feeling guilty ya, karena emang nyata2 lo Salah. buat yg laen yg baca komen ini pesan saya mending gak usah pakai jasa orang pemilik blog ini. Apa yang kita bayarkan tidak sebanding dengan dengan pekerjaannya yang tidak SEBERAPA.

    • belom pernah ngeblog ya mbak??? mbak, tiap komen yang masuk tu harus di approve baru muncul bukannya ngedelete. itu namanya hak kuasa pemilik blog mau upprove atau tidak. saya sportif tidak ada komen yang di edit or di delete. kebetulan saya baru ngonline… saya tidak membuktikan dngan kata-kata tentang kerja saya tapi saya buktikan dengan hasil kerja dan orang yang tersenyum saat wisuda dengan kinerja saya…

  4. Reni

    Berbicara hak kuasa, pemilik judul itu hak kuasa siapa?? kami yang cari judul dan sudah bayar berarti itu sudah menjadi hak milik kami. Harus minta izin kami dong utk mempublikasikannya. Sekarang saya tidak mau cari ribut dengan anda karena kerjaan saya banyak tidak mengurus masalah ini saja, saya minta pd anda utk menghapus postingan anda yang ini atau sekurangnya menunda utk memposting sampai yg bersangkutan wisuda. Toh skripsi yang anda buat sudah banyak, jadi tak perlulah proposal sederhana itu juga anda pajang d blog anda, cuma menuh2in blog anda saja yang nanti akan dibaca oleh orang2 dikalangan S2_S3 tau profesor sekalipun. Semoga anda mengerti BAHASA yg saya pergunakan.

  5. febri

    wes ojo nesu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: