Skripsi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Kejuruan


PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRILAKU SISWA KELAS X TPA DAN X TPB DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PADANG

  BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

 Pendidikan merupakan wahana pengubahan kepribadian dan pengembangan diri. Oleh karena itu tentu pendidikan juga akan membawa dampak yang besar terhadap peningkatan kualitas dan perilaku hidup masyarakat. Dalam pasal 2 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 TH. 2003) dijelaskan bahwa :

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

         Pendidikan yang bermutu memiliki kaitan ke depan (forward linkage) dan kaitan ke belakang (backward linkage). Forward linkage yaitu pendidikan yang bermutu merupakan syarat utama untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang maju, adil dan sejahtera. Sejarah perkembangan dan pembangunan bangsa-bangsa mengajarkan pada kita bahwa bangsa yang maju, modern, makmur, dan sejahtera adalah bangsa yang memiliki sistem dan praktek pendidikan yang bermutu.

Dengan demikian  pendidikan memiliki peran yang sangat penting, bukan hanya menghasilkan warga belajar dengan prestasi tinggi tetapi mampu melahirkan generasi baru yang memiliki  karakter yang baik dan bermanfaat bagi masa depan bangsa. Peranaman pendidikan karakter sudah  tidak bisa ditawar untuk diabaikan,  terutama pada pembelajaran di sekolah disamping lingkungan keluarga dan masyarakat.

Pendidikan  dianggap  belum  berkarakter  dan  belum  mampu  melahirkan warga  negara  yang  berkualitas,  baik  prestasi  belajar  maupun  berperilaku  baik. Bahkan  penekanan  pembelajaran  masih  sangat  dominan  atau  fokus  pada penguasaan materi.   Bahkan    siswa    yang  akan menempuh  ujian  nasional  diberi tambahan  jam pelajaran, dengan harapan nilai UN  tinggi, banyak  yang  lulus  yang belum menyentuh pendidikan karakter sebagai penunjang prestasi siswa.   Padahal apabila pembelajaran dilakukan dengan penerapan pendidikan karakter, maka  akan dihasilkan  insan  yang  cendekia  dan  bernurani. Dengan  istilah  lain  bahwa melalui pendidikan karakter  yang  positif diharapkan menghasilkan  siswa    yang bertaqwa kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  beriman,  berprestasi,  disiplin,  tanggung  jawab, sopan, berakhlak mulia, kreatif, mandiri. Sehingga pendidikan karakter mempunyai andil yang sangat besar dan sudah sangat penting untuk dicanangkan sebagai bagian  pembentukan akhlak bagi pelajar Indonesia.

Pendidikan  karakter  adalah  pendidikan  yang melibatkan  aspek  pengetahuan  (cognitive),  perasaan  (feeling),  dan  tindakan (action).  Menurut  Thomas  Lickona,  tanpa  ketiga  aspek  ini,  maka  pendidikan karakter  tidak  akan  efektif.  Menurut  Suyanto  (2010)  pembentukan  karakter merupakan  salah  satu  tujuan  pendidikan  nasional.  Pasal  I  UU  Sisdiknas  tahun 2003  menyatakan  bahwa  di  antara  tujuan  pendidikan  nasional  adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Amanah UU Sisdiknas  tahun  2003  itu  bermaksud  agar  pendidikan tidak hanya membentuk  insan  Indonesia  yang cerdas, namun  juga berkepribadian atau  berkarakter,  sehingga  nantinya  akan  lahir  generasi  bangsa  yang  tumbuh berkembang dengan karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama.

Program  Teknik Pemesinan merupakan  bagian  dari  pendidikan menengah  kejuruan  yang  bertujuan  menyiapkan  lulusan  untuk  memasuki  dunia kerja. Oleh karena itu,  pendidikan SMK harus dikembangkan sehingga lulusannya memiliki  kemampuan,    keterampilan,  dan  berkarakter  yang    siap  digunakan.  Tujuan  Program  Teknik Pemesinan sesuai  dengan  Kurikulum  SMK (2004:1) adalah membekali peserta didik dengan keterampilan,  pengetahuan,  dan  sikap  agar  kompeten  dalam  bidang  pemesinan. Berkenaan  dengan  penerapan  pendidikan  karakter  pada  pembelajaran  teknik pemesinan  diharapkan  menghasilkan  lulusan  yang  mempunyai  bekal  keterampilan, pengetahuan,  sikap,  tanggung  jawab,  percaya  diri,  disiplin,  kreatif  dalam mengerjakan  pekerjaan.  Pembelajaran  teknik pemesinan merupakan  salah  satu pemberian keterampilan  pada anak didik  yang bertujuan agar mereka mempunyai bekal keterampilan di bidang pemesinan, memiliki kualitas yang diharapkan oleh dunia kerja  yaitu  siap  latih,  ulet,  cekatan  dan mandiri  serta  siap  kerja  di  bidang  yang digelutinya.

Berkaitan dengan  pembelajaran teknik pemesinan, baik praktek  laboratorium maupun  bengkel  merupakan  ciri  khas  dari  proses  belajar  mengajar  di  Sekolah Kejuruan,  di  samping  proses  belajar  mengajar  teori.  Kegiatan  belajar  mengajar  tersebut membutuhkan kemampuan  pada ranah kognitif, psikomotor, dan afektif.  Kemampuan  peserta  didik  atau  kesuksesan  peserta  didik  dalam  bekerja sangat  dipengaruhi  oleh  pendidikan  karakter.  Pendidikan  karakter  mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan seseorang dalam bekerja. Disamping karakter,  persyaratan  minimal  bagi  seseorang  untuk  memasuki  bidang  pemesinan adalah keterampilan. Oleh karena itu menjadi tantangan dunia pendidikan termasuk Program Teknik Pemesinan  untuk mengintegrasikan  kedua macam komponen tersebut  secara  terpadu,  agar  mampu  menyiapkan  SDM  memiliki  kemampuan bekerja dan berkembang di masa depan.

Berdasarkan uraian latar belakang, maka akan dilakukan penelitian tentang “PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRILAKU SISWA KELAS X TPA DAN X TPB DI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PADANG”.

Categories: Skripsi | Tags: | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “Skripsi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Kejuruan

  1. deni

    hatur nuhun informasina

  2. maaf…mas blh minta file lengkapnya? instrumennya ada ga??
    klo blh tlong dikirim k email saya: ariaindahs@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: