Skripsi: Hubungan Minat dengan hasil belajar


HUBUNGAN  MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KETERAMPILAN KOMPUTER PENGOLAHAN INFORMASI  KELAS II SMKN 1 PANGKALAN BARU

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, ”Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut.

Dalam belajar seorang siswa harus memiliki motivasi belajar yang baik karena motivasi belajar merupakan suatu usaha atau jalan yang harus dilalui atau dilewati oleh siswa untuk mendapatkan tujuan belajar atau hasil belajar yang maksimum.

Disamping belajar, siswa memerlukan motivasi belajar. Dimana motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa maupun diluar dari siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh siswa tersebut dapat tercapai.

.Di SMKN 1 Pangkalan Baru, masih terdapat siswa yang masih memiliki pola belajar yang belum tepat seperti yang diharapkan. Misalnya dalam menggunakan waktu kosong atau guru yang mengajar datang terlamabat dimana mereka banyak menghabiskan waktu untuk bermain – main bukan digunakan untuk belajar. Mereka tidak memanfaatkan pemberian motivasi yang diberikan oleh guru sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar dengan kesadaran dan keinginannya sendiri.

Ketika diadakan ulangan harian atau pengambilan nilai terutama pada mata pelajaran Keterampilan Komputer Pengolahan Informasi siswa kurang menyenangi dengan kegiatan tersebut padahal itu merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa, sudah sejauh mana ilmu yang mereka dapatkan.

Menurut data di SMKN 1 Pangkalan Baru bahwa hasil atau nilai raport pada mata pelajaran Keterampilan Komputer Pengolahan Informasi kelas II nilainya sangat rendah dan kurang memuaskan.

Dari penjelasan diatas yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian dengan judul :” HUBUNGAN  MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KETERAMPILAN KOMPUTER PENGOLAHAN INFORMASI  KELAS II SMKN 1 PANGKALAN BARU ”

Categories: Skripsi | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: