Skripsi: Minat Belajar dengan prestasi belajar


HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG STUDI LAS BUSUR METAL MANUAL SISWA KELAS I JURUSAN TEKNIK LAS SMK NEGERI 2 MEULABOH TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mempersiapkan setiap individu yang akan berperan dalam pembangunan bangsa. Pendidikan juga merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan pada semua aspek kehidupan manusia. Perubahan itu secara langsung atau tidak langsung menyebabkan terjadinya masalah-masalah pendidikan yang harus diselesaikan secepatnya. Salah satu masalah yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia yang harus dilakukan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efesien dalam proses pembangunan.

Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang saat ini sedang giat melaksanakan pembangunan di berbagai sektor termasuk di sektor pendidikan. Lembaga pendidikan sangat diperlukan dalam hal ini sebagai sarana untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan bagi individu yang akan mengelola pembangunan yang terus berkembang. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan suatu lembaga pendidikan yang lulusannya diproyeksikan bisa langsung diserap oleh dunia kerja atau dunia industri yang sesuai dengan bidang keahliannya masing masing.

Hal yang sangat dominan akan keberhasilan suatu pendidikan, khususnya SMK adalah minat terhadap sekolah kejuruan itu sendiri. Minat yang timbul dari diri siswa sendiri akan menimbulkan kemauan tanpa paksaan untuk memperjuangkan sesuatu yang diminatinya. Walgito Bimo (1981: 38) menyatakan minat adalah suatu keadaan di mana seseorang mempunyai perhatian terhadap obyek, yang disertai keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikan lebih lanjut kecenderungannya untuk aktif terhadap objek tersebut. Minat belajar yang rendah mempengaruhi kemampuan anak didik dan secara tidak langsung berakibat pada rendahnya daya saing mereka dalam percaturan Internasional.  Sekolah diharapkan akan dapat menghasilkan orang-orang yang terampil dan bermoral. Untuk itu siswa sebagai anggota masyarakat sekolah harus dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan menanamkan minat belajar sejak dini.

Minat belajar siswa sangat berpengaruh dalam menentukan hasil belajar siswa, di mana siswa terkadang merasa kesulitan menimbulkan minat belajarnya. Siswa kurang mengetahui bagaimana cara menimbulkan minat belajar yang baik yang harus dilakukan, bahkan terkadang kerja sama yang diharapkan dari guru untuk memotifasi atau menimbulkan minat belajar siswa kurang berhasil dilakukan.

Peranan pendidikan sangat penting bagi kemajuan bangsa. Proses pendidikan tersebut dilaksanakan dalam wadah atau lembaga tertentu, seperti lembaga pendidikan formal dan non formal. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus turut serta mengemban tugas dalam mengembangkan ilmu dan teknologi yang bermamfaat bagi pembaharuan dibidang pendidikan dan bagi peningkatan kualitas manusia atau pembangunan manusia seutuhnya.

Salah satu cara untuk melihat tingkat keberhasilan siswa dalam hasil belajar adalah dengan melihat prestasi belajar siswa di sekolah yaitu dengan melihat apakah dia telah dapat menguasai materi pelajaran tiap bidang studi yang dipelajarinya. Alat untuk melihat prestasi belajar siswa di sekolah adalah dengan melihat laporan prestasi belajarnya dan mid semester. Untuk meningkatkan prestasi siswa tersebut dituntut minat belajar yang tinggi, sehingga prestasi belajar siswa yang diperoleh merupakan hasil dari apa yang diharapkan.

Pencapaian tujuan institusional SMK sesuai dengan fungsinya dalam rangka keseluruhan proses pendidikan pada khususnya adalah salah satu tugas sekolah sebagai lembaga pendidikan formal pada umumnya tidaklah mudah. Sepanjang tahun, khususnya pada tahun ajaran baru, mutu pendidikan yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan secara umum disegala jenjang pendidikan formal, termasuk SMA sering dipermasalahkan. Permasalahan ini seringkali dikaitankan dengan adanya kecenderungan merosotnya minat belajar dan prestasi belajar yang dicapai siswa.

Berdasarkan hasil ujian semester I bahwa hasil belajar las busur metal manual  masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata nilai mid semester 55. Oleh karena itu penulis mengadakan penelitian dengan judul Hubungan Minat belajar dengan Prestasi Belajar Dalam Bidang Studi Las Busur Metal Manual Siswa kelas I Jurusan Teknik Las SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pembelajaran 2010-2011.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , , | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Skripsi: Minat Belajar dengan prestasi belajar

  1. phyand

    bleh minta lanjutanx gk?

  2. Dilva

    Salam…apakah bisa saya minta lanjutan skripsi ini,,,sebelumnya terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: