PTK dan SKRIPSI : Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP


Upaya  Peningkatan Kompetensi  Guru  Dalam  Menyusun  Silabus  Dan  RPP  Melalui  Supervisi  Akademik  Yang  Berkelanjutan  Di SDN 04 Koto Baru

BAB I

PENDAHULUAN

 A.  Latar Belakang

Pendidikan adalah proses merubah manusia menjadi lebih baik, lebih mahir dan lebih terampil. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam proses belajar mengajar tersirat adanya satu kesatuan kegiatan yang tak terpisahkan antara siswa yang belajar dan guru yang mengajar. Agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka guru mempunyai tugas dan peranan yang penting dalam mengantarkan peserta didiknya mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu, sudah selayaknya guru mempunyai berbagai kompetensi yang berkaitan dengan tugas dan tanggungjawabnya. Dengan kompetensi tersebut, maka akan menjadikan guru profesional, baik secara akademis maupun non akademis.

Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di sekolah. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus-menerus. Pembentukan profesi guru dilaksanakan melalui program pendidikan pra-jabatan maupun program dalam jabatan. Tidak semua guru yang dididik di lembaga pendidikan terlatih dengan baik dan kualified. Potensi sumber daya guru itu perlu terus bertumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara potensial. Selain itu pengaruh perubahan yang serba cepat mendorong guru-guru untuk terus-menerus belajar menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mobilitas masyarakat.

Masyarakat mempercayai, mengakui dan menyerahkan kepada guru untuk mendidik tunas-tunas muda dan membantu mengembangkan potensinya secara profesional. Kepercayaan, keyakinan, dan penerimaan ini merupakan substansi dari pengakuan masyarakat terhadap profesi guru. Implikasi dari pengakuan tersebut mensyaratkan guru harus memiliki kualitas yang memadai. Tidak hanya pada tataran normatif saja namun mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki, baik kompetensi personal, professional, maupun kemasyarakatan dalam selubung aktualisasi kebijakan pendidikan.

Hal tersebut lantaran guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran institusional dan eksperiensial, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek “guru” dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya maupun kesejahteraan dalam satu manajemen pendidikan yang professional.

Masalah kompetensi guru merupakan hal urgen yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam jenjang pendidikan apapun. Guru yang terampil mengajar tentu harus pula memiliki pribadi yang baik dan mampu melakukan social adjustment dalam masyarakat. Kompetensi guru sangat penting dalam rangka penyusunan kurikulum. Ini dikarenakan kurikulum pendidikan haruslah disusun berdasarkan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Tujuan, program pendidikan, system penyampaian, evaluasi, dan sebagainya, hendaknya direncanakan sedemikian rupa agar relevan dengan tuntutan kompetensi guru secara umum. Dengan demikian diharapkan guru tersebut mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin.

Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dibutuhkan strategi yang disebut dengan strategi pembelajaran. Dalam strategi pembelajaran terkandung tiga hal pokok yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.  Perencanaan  program  berfungsi  untuk  memberikan  arah  pelaksanaan  pembelajaran  sehingga  menjadi  terarah  dan  efisien.  Salah satu bagian dari perencanaan pembelajaran yang sangat penting dibuat oleh guru sebagai pengarah pembelajaran adalah silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Silabus  memberikan  arah  tentang  apa  saja  yang  harus  dicapai  guna  menggapai tujuan pembelajaran dan cara seperti apa yang akan digunakan. Selain  itu silabus juga memuat teknik penilaian seperti apa untuk menguji sejauh mana  keberhasilan pembelajaran. Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  adalah  instrument  perencanaan  yang  lebih  spesifik  dari  silabus.  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  ini  dibuat  untuk  memandu  guru  dalam  mengajar  agar  tidak  melebar  jauh  dari  tujuan  pembelajaran.  Dengan melihat pentingnya penyusunan perencanaan pembelajaran ini, guru semestinya tidak mengajar tanpa adanya rencana.

Namun  sayang  perencanaan  pembelajaran  yang  mestinya  dapat  diukur  oleh  kepala  sekolah  ini,  tidak  dapat  diukur oleh kepala sekolah karena hanya direncanakan dalam pikiran sang guru  saja. Akibatnya kepala sekolah sebagai pembuat kebijakan di sekolah tidak dapat  mengevaluasi  kinerja  guru  secara  akademik.  Kinerja  yang  dapat  dilihat  oleh  kepala  sekolah  hanyalah  kehadiran  tatap  muka,  tanpa  mengetahui  apakah  kemampuan  guru  dalam  mengelola  pembelajaran  sudah  sesuai  dengan  harapan  atau  belum,  atau  sudahkah  kompetensi  dasar  yang  harus  dikuasai  oleh  siswa  terkuasai dengan benar.

Hasil pengamatan di tahun pelajaran 2010/2011 di SD Negeri 04 Koto Baru didapatkan data sebagai berikut:

  1. Hanya 60% guru yang menyusun silabus dan RPP
  2. Secara kualitas, silabus dan RPP yang baik baru mencapai angka 30% dari silabus dan RPP yang dibuat oleh guru.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis yang berkedudukan sebagai kepala sekolah di atas merencanakan untuk melakukan supervisi akademik yang berkelanjutan.  Dengan  metode  tersebut  diharapkan  setelah  kegiatan,  guru  yang  menyusun silabus dan RPP meningkat menjadi 90% dan kualitas silabus dan RPP  yang baik menjadi 80%.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang “Upaya  Peningkatan Kompetensi  Guru  Dalam  Menyusun  Silabus  Dan  RPP  Melalui  Supervisi  Akademik  Yang  Berkelanjutan  Di SDN 04 Koto Baru”.

Categories: PTS, Skripsi | Tags: , , | 17 Komentar

Navigasi pos

17 thoughts on “PTK dan SKRIPSI : Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP

  1. Nice post
    Teruskan dalam memberi artikel yang bermanfaat
    Maju terus
    Pantang mundur

  2. Boleh dapat file lengkapnya? Ini alamat email saya .. alvanasbullah@yahoo.co.id
    Terimakasih sangat membantu sekali..

  3. mas…bisa minta file lengkapnya? ini email saya : ariaindahs@gmail.com

  4. eve

    saya juga ingin dapat fiole lengkapnya ke sahabat.friendship@yahoo.com terima kasih🙂

  5. juraida

    mas, bisa minta file lengkapnya ke email saya aida_jur@yahoo.co.id terimakasih.

  6. Rulli

    boleh minta file lengkapnya mas… ke email lullaby.reds@gmail.com

    thanks yaa….

  7. NUR ANILAWATI

    Assalamualaikum pak…..boleh saya minta file lengkapnya?
    email saya nuranilawati741994@gmail.com

  8. asalamualaikum… boleh saya minta file lengkapnya??? saya mahasiswa tingkat akhir di universitas muhamadiyah cirebon. jurusan PGSD ini alamat emil saya The.riez@ymail.com

  9. imam susiyamto

    Maaf Bung… bisa minta file lengkapnya?? ni alamat saya : massiyam66@gmail.com

  10. Sofiah Eni Asmawati

    asalamualaikum… boleh saya minta file lengkapnya??? saya mahasiswa tingkat akhir di universitas iSLAM NUSANTARA (UNINUS) BANDUNG ini alamat emil saya.sofiah.eni1209@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: