SKRIPSI Hubungan Hasil Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika


Hubungan Hasil Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika siswa kelas I program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2008/2009

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  pada masa ini begitu cepat, oleh sebab itu dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dengan produktivitas dan efisiensi kerja yang tinggi. Hakekat sumber daya manusia berkualitas ialah menghasilkan keluaran (output) dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang dimiliki dan ditopang oleh modal fisik, finansial dan prasarana yang memadai, Emil Salim (2000 : 315). Kualitas SDM ditentukan oleh proses pendidikan untuk melatih siswa mengembangkan kreativitas dan sikap agar mampu meningkatkan keterampilan dalam menganalisis dan berfikir logis, untuk memecahkan dan menyelesaikan setiap masalah dan juga lancar mengemukakan ide-ide atau gagasan-gagasan dalam mencari penyelesaian masalah.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan tingkat menengah. Tujuan SMK menyatakan bahwa pendidikan menengah kejuruan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap professional, khususnya pada SMK program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik.

Pemerintah telah banyak melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK, antara lain dengan penyempurnaan sistem pendidikan yaitu penyempurnaan sistem kurikulum 1984 menjadi 1994, bahkan dalam kurikulum 1994 telah dirancang suatu sistem pengajaran dengan melibatkan peran dunia usaha dan dunia industri yang dikenal dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), kemudian kurikulum 1994 menjadi kurikulum edisi 1999 dan kemudian penyempurnaan sistem kurikulum edisi 1999 menjadi kurikulum edisi 2004.

Sementara itu masih ada didengar tanggapan dari masyarakat industri bahwa lulusan SMK itu belum dapat memenuhi harapan mereka. Bertitik tolak atas tanggapan tersebut wajarlah kalau setiap tenaga pendidik di SMK mengadakan penelitian yang serius guna memperoleh jalan keluar untuk menghilangkan tanggapan-tanggapan yang negatif tentang mutu lulusan SMK tersebut. Tetapi persoalannya tidaklah hanya pada kelemahan pemerintah untuk memajukan pendidikan, namun penguasaan praktek di industri harus didukung kemampuan penguasaan teori dan praktek di sekolah khususnya pada program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik.

Dalam Kurikulum edisi 2004 (2004 : 7), Tujuan SMK khususnya pada program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik adalah :

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya.
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.

Berdasarkan tujuan tersebut di atas tamatan SMK program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik diharapkan agar meningkatkan hasil belajar seluruh mata diklat yang dikelompokkan atas tiga program yaitu program normatif contohnya Bahasa Indonesia, program adaptif contohnya Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika, dan program produktif contohnya Mengoperasikan Gen Set.

Berbicara tentang hasil belajar mata diklat Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika (A) diperoleh nilai dokumentasi siswa kelas I program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Kota Gorontalo yang dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1

Data Hasil Belajar Mata Diklat Dasar-dasar Kelistrikan Dan Elektronika

Tahun Ajaran

Kelas / Semester

Program Keahlian

Jumlah Siswa

Jumlah Siswa Yang Memperoleh Nilai

A

B

C

D

E

2005/2006

I / I

TPTL

31

2

4

19

6

2006/2007

I / I

TPTL

30

2

8

15

5

Berdasarkan tabel di atas hasil belajar Dasar-Dasar Kelistrikan Dan Elektronika masih jauh dari yang diharapkan, sehingga hal ini merupakan masalah bagi tenaga pendidik yang bersangkutan. Secara teoritis hasil belajar ini terkait dengan proses belajar mengajar yang terjadi di kelas sebelumnya. Dalam pelaksanaan pendidikan terdapat dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada siswa yaitu : faktor yang terdapat dalam diri individu (internal) dan faktor yang berada di luar individu (eksternal). Sebagaimana diungkapkan oleh Dalyono. M (2001 : 55) bahwa faktor-faktor yang menentukan pencapaian hasil belajar, yaitu :

  1. Faktor Internal (yang berasal dari dalam diri)

Seperti : kesehatan, intelegensi dan bakat, minat dan motivasi, serta cara belajar.

  1. Faktor Eksternal (yang berada di luar individu)

Seperti : keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

Jika ditinjau dari faktor eksternal maka salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang berasal dari luar dirinya, adalah sekolah. Sekolah turut mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar, baik itu dari segi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, maupun kurikulum. Pengembangan kurikulum pada mata diklat Dasar-Dasar Kelistrikan Dan Elektronika telah diupayakan pemerintah sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan pembaharuan kurikulum diperlukan sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanaannya, baik itu berupa gedung, ruangan, meja kursi, buku-buku, mata diklat pendukung dan sebagainya. Salah satu mata diklat pendukung utama dalam memperoleh hasil belajar Dasar-Dasar Kelistrikan Dan Elektronika yang baik adalah mata diklat Matematika.

Dalam menguasai ilmu teknik, dalam hal ini Ilmu Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik sangat dibutuhkan pengetahuan dasar tentang ilmu hitung (Matematika). Hal ini sejalan dengan pernyataan Sujono (1988 : 14) yang menyatakan bahwa Matematika merupakan bidang studi yang amat berguna dan banyak memberi bantuan dalam mempelajari keahlian dan kejuruan. Adapun nilai dokumentasi untuk mata diklat Matematika siswa kelas I program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Kota Gorontalo yang dapat dilihat pada tabel 2.

 

Tabel 2

Data Hasil Belajar Mata Diklat Matematika

Tahun Ajaran

Semester

Program Keahlian

Jumlah Siswa

Jumlah Siswa Yang Memperoleh Nilai

A

B

C

D

E

2005/2006

I

TPTL

31

4

10

13

3

2006/2007

I

TPTL

30

3

7

15

5

Dari uraian tersebut, maka yang akan diteliti adalah sejauh mana Hubungan Hasil Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika siswa kelas I program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2008/2009.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “SKRIPSI Hubungan Hasil Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Dasar-dasar Kelistrikan dan Elektronika

  1. phyand

    bleh minta jurnal yg ini gk ?

  2. kesimpulan saya minta . ni emailnya iyanto31@yahoo.com

  3. mohamad

    maaf boleh saya minta kesimpulan dari penelitian ini ? kalau boleh tolong kirim ke mohamady09@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: