SKRIPSI PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PILPT


PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PILPT SISWA KELAS II TEKNIK LISTRIK SMK NEGERI 3 TANJUNGPINANG

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang Masalah

        Satu aspek penting di dalam pengembangan sumber daya manusia adalah sikap disiplin, untuk mewujudkan manusia pembangunan yang berbudi luhur, cerdas, terampil dan memiliki kesetiakawanan, kerja keras produktif, kreatif serta berorientasi menciptakan kehidupan yang lebih baik. Dengan demikian peningkatan sikap disiplin sangat perlu bagi setiap individu. Salah satu cara pengembangan dan peningkatan sikap disiplin adalah pendidikan.

       SMK Negeri 3 Tanjungpinang merupakan lembaga pendidikan yang menghasilkan tamatan yang dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan juga dapat bekerja di berbagai instansi pemerintah dan industri-industri di wilayah Kepulauan Riau khususnya. Disamping menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah di bidang kejuruan para lulusan diharapkan mempunyai bekal ilmu dan keterampilan, karena itu SMK Negeri 3 Tanjungpinang telah melakukan pembinaan kepada siswa baik sikap disiplin maupun kualitas belajar, sehingga diharapkan lulusannya akan bermutu dan menjadi manusia yang berkualitas dan dapat melanjutkan pembangunan baik daerah maupun nasional. Faktor yang menentukan keberhasilan peserta didik antara lain motivasi, bakat, minat, kemampuan dan keadaan jasmani. Selama mengikuti pendidikan keberhasilan peserta didik di pengaruhi oleh pendidik (guru), kurikulum, sarana dan prasarana, buku metode mengajar dan sebagainya. Sedangkan hasil belajar meliputi pengetahuan, sikap dan keterampilan setalah mengikuti proses belajar mengajar tertentu.

Dari hasil pengamatan penulis upaya meningkatkan pendidikan telah dilakukan dengan beberapa cara diantaranya penyempurnaan kurikulum. Berdasrkan kurikulum KTSP (kurikulum tingkat satuan pelajaran) yang berbasis industry. Mata diklat Perencanaan Instalasi Listrik Penerangan dan Tenaga (PILPT) dipelajari di kelas II (dua) merupakan pengembangan atau lanjutuan dari materi kelas 1 (satu) yang bertujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan tentang kelistrikan terutama instalasi penerangan dan tenaga listrik, sehingga siswa terampil dan terlatih memasang instalasi listrik dan tenaga rumah tinggal dan bangunan bertingkat. Dari studi dokumentasi yang penulis lakukan terhadap mata pelajaran  perencanaan instalasi listrik penerangan dan tenaga kelas dua yang mana hasil belajar siswa masih banyak belum mencapai standar kompetensi yang diharapkan, minimal nilai 7 (tujuh) untuk program kejuruan.

Berdasarkan hasil observasi awal pada hasil belajar mata diklat PILPT beberapa semester yang lalu diantaranya semester IV tahun pengajaran 2007 /2008 bahwa terdapat nilai siswa yang masih dibawah standar sehingga sebahagian siswa dinyatakan naik kelas bersarat,hal ini dapat diliat pada table 1dibawah ini.

 

 

 

Tabel 1. Hasil Belajar Mata Diklat PILPT Siswa kelas 2 Teknik Listrik Semester IV Tahun Ajaran 2007/2008

Kelas

Rata-rata

Jumlah

Nilai

Kelas

Kelas

<7

>7

II Listrik1

6.10

28

12

16

II Listrik2

6.50

27

14

13

Jumlah

55

26

29

Persentase

100

48%

52%

 

Dari tabel 1 dapat dilihat nilai PILPT siswa kelas II semester 4 tahun ajaran 2007/2008 yang memperoleh nilai  standar  52 % dan kira-kira 48% siswa yang memperoleh nilai di bawah standar.

Kemudian dari hasil wawancara dengan guru bersangkutan menyatakan ada beberapa sikap siswa yang cenderung bertindak negatif diantaranya :

  1. Rendahnya disiplin siswa dalam melaksanakan proses belajar.
  2. Kurang motivasi siswa  dalam mengikuti  proses belajar,
  3. Siswa sering terlambat dalam mengikuti pembelajaran,
  4. Keluar masuk ruangan pada saat guru memberikan pelajaran,
  5. Seringnya tidak hadir dalam pelajaran instalasi listrik
  6. Bicara sama teman pada saat guru memberikan pelajaran
  7. Dalam melaksanakan ujian siswa tidak siap sehingga berprilaku tidak baik
  8. Pelaksanaan praktek kurang bersungguh-sungguh banyak keterampilan

Hasil belajar tersebut juga banyak dipengaruhi  oleh bebagai  faktor lain ,diduga disiplin siswa dan motivasi belajar  inilah yang merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata diklat PILPT ’Kurangnya disiplin dan motivasi belajar dapat menghabat proses pembelajaran,sebab siswa tidak sepenuh hati sehinggahasil yang diharapkan tidak akan tercapai dengan baik

Bertitolak dari dari hasil observasi yang dilakukan peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana disiplin dan motivasi belajar selama mengikuti proses belajar mengajar pada mata diklat PILPT yang berpengaruh terhadap  hasil belajar siswa kelas II teknik listrik SMK N 3 Tanjungpinang.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: