SKRIPSI : Peningkatan Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 2 Sawahlunto Melalui Penggunaan Multimedia


Peningkatan Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 2 Sawahlunto Melalui Penggunaan Multimedia

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut.

Dalam pendidikan formal, belajar menunjukkan adanya perubahan yang sifatnya positif sehingga pada tahap akhir akan didapat keterampilan, kecakapan dan pengetahuan baru. Hasil dari proses belajar tersebut tercermin dalam hasil belajarnya.

Kita semua mengetahui bahwa peningkatan hasil belajar mustahil akan tercapai tanpa adanya peran aktif dan partisipasi para siswa serta guru pada setiap  proses pembelajaran karena merupakan aspek yang sangat penting untuk mencapai tujuan akhir sekolah, oleh sebab itu sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dengan produktivitas dan efesiensi kerja yang tinggi sangat dibutuhkan.

Sebagaimana hakekat pengajaran yang dijelaskan dalam Competency Based Training maka setiap sekolah kejuruan mesti mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar agar tujuan pendidikan yang diharapkan tercapai. Multimedia merupakan salah satu alat yang digunakan untuk penyampaian bahan ajar  agar tujuan pendidikan tercapai. Pengajaran dengan menggunakan multimedia di SMKN 2 Sawahlunto sudah mulai diterapkan tetapi tidak semua guru mata diklat menggunakan media ini. Sebagai contoh ada beberapa mata diklat yang telah menggunakan multimedia seperti gambar listrik dan mesin listrik. Hal ini peneliti temukan selama menjalani program praktek lapangan kependidikan di SMKN 2 Sawahlunto. Pada tahun ajaran 2010/2011 siswa yang belajar mata diklat menganalisis rangkaian listrik rata-rata nilai kompetensi menganalisis rangkaian listrik masih cenderung rendah,  hal ini dapat dilihat pada Tabel 1

Tabel 1

Persentase Kelulusan Materi Menganalisis Rangkaian Lstrik

No Rentang Nilai Jumlah siswa Persentase
1 8,50      – 10,00                0               0,00 %
2 7,00    – 8,49                5            14,70 %
3 5,00       – 6,99              12        35,30 %
4 0,00    – 4,99              17        50,00 %
Jumlah              34 100,00 %

Sumber : Tata Usaha SMKN 2 Sawahlunto Tahun Ajaran 2010/2011.

 

Berdasarkan hasil ini dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kompetensi menganalisis rangkaian listrik kurang memuaskan. Setelah diwawancarai ternyata guru mata diklat menganalisis rangkaian listrik belum sepenuhnya menggunakan multimedia dalam proses belajar mengajar. Dari kenyataan diatas penulis mencoba menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran.

Oleh karena itu penulis memandang perlunya penggunaan multimedia dalam setiap proses belajar mengajar di sekolah karena penggunaan multimedia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Categories: PTK, Skripsi | Tags: , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “SKRIPSI : Peningkatan Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 2 Sawahlunto Melalui Penggunaan Multimedia

  1. Susilowati

    bisakah saya lihat abstrak dan kesimpulannya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: