Skripsi : Pengaruh Kebutuhan terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan


Pengaruh Kebutuhan terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang Masalah

Dalam pendidikan formal, khususnya diperguruan tinggi, kegiatan belajar dilakukan dalam bentuk kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan kurikuler merupakan kegiatan belajar sesuai dengan kurikulum pada program studi yang diikuti mahasiswa, sedangkan kegiatan ekstra kurikuler adalah kegiatan belajar yang direncanakan oleh perguruan tinggi diluar kegiatan kurikulum.

Dengan demikian untuk mencapai tujuan pendidikan ditempuh melalui dua jalur yaitu jalur kurikuler dan jalur ekstra kurikuler, yang keduanya saling menunjang dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam kegiatan kurikuler mahasiswa diharuskan belajar sesuai dengan kurikulum program studi yang diambilnya, maka pengembangan kemahasiswaan dalam kegiatan ekstra kurikuler akan membina, mengembangkan dan menyalurkan seluruh potensi yang dimiliki mahasiswa.

Kegistan ekstra kurikuler merupakan salah satu komponen dalam sistem pengembangan kemahasiswaan di perguruan tinggi. Kepmendikbud RI. No. 0457/0/90 menjelaskan bahwa pengembangan kemahasiswaan adalah bagian dari integral dalam Sistem Pendidikan Nasional demi terbentuknya manusia Pancasila sebagai kelengkapan kegiatan kurikuler. Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler diharapkan akan dapat membantu mahasiswa meningkatkan prestasi belajarnya dan wadah untuk pengembangan wawasan.

Wadah untuk pengembangan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian adalah Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA). Setiap mahasiswa berhak untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan yang digelar.

Organisasi Kemahasiwaan yang dibentuk mulai dari tingkat universitas hingga ketingkat jurusan bertujuan untuk mengembangkan kecendikiawanan dan integritas kepribadian, membinan mengembangkan dan menyalurkan berbagai potensi mahasiswa dalam bidang ekstra kurikuler dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya mahasiswa.

Untuk mewujudkan potensi mahasiswa tersebut, organisasi kemahasiswaan merupakan wadah yang sangat strategis dan penting keberadaannya dalam suatu perguruan tinggi. Melalui wadah organisasi kemahasiswaan kita dapat membina dan mengembangkan diri mahasiswa menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang intelektual, memiliki kesadaran moral dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi, sesuai dengan tujuan pembanguan khususnya pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan. Karena berbagai kemajuan dalam bidang ilmu penegtahuan dan teknologi (IPTEK), maka kegiatan belajar dari kuliah tatap muka bukanlah sebagai satu-satunya sumber informasi, namun mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan untuk berkembang dengan berlatih melalui berbagai organisasi.

 

Fakultas Ekonomi merupakan fakultas termuda yang baru dibentuk dan disahkan keberadaannya di Universitas Negeri Padang. Seiring dengan itu organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas juga baru terbentuk, mulai dari tingkat legislatif (BPM-F), eksekutif (BEM-F dan HIMA Prodi) dan Badan Semi Otonom/ BSO seperti Forum Studi Islam.

Berdasarkan pengamatan awal dan juga dari keterlibatan penulis dalam organisasi kemahasiswaan sebelumnya, penulis melihat bahwa setiap mahasiswa yang terlibat atau berpartisipasi dalam organisasi kemahasiswaan mempunyai maksud, tujuan atau kebutuhan tertentu. Diantara mereka ada yang melibatkan dirinya karena ingin mencari pengalaman berorganisasi, meningkatkan aktualisasi dirinya untuk organisasi pada level perguruan tinggi yang sebelumnya sudah ia rasakan semasa sekolah menengah, serta meningkatkan prestasi dan lain sebagainya.

Selain itu juga kebutuhan untuk berafiliasi, mendapatkan teman atau memperluas pergaulan juga menjadi alasan untuk berorganisasi. Bahkan ada juga diantara mereka mencoba untuk mendapatkan dan merasakan posisi-posisi strategis atau posisi tertinggi dalam kepengurusan organisasi, dan masih banyak lainnya.

Melihat fenomena tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji dan menganalisa lebih jauh kebutuhan-kebutuhan yang mendasari mahasiswa terlibat atau berpartisipasi dalam organisasi kemahasiswaan. Semua itu penulis tuangkan ke dalam bentuk skripsi dengan judul “Pengaruh Kebutuhan terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , | 12 Komentar

Navigasi pos

12 thoughts on “Skripsi : Pengaruh Kebutuhan terhadap Partisipasi Mahasiswa dalam Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan

  1. maaf kalau boleh tahu, skripsi ini penulisnya siapa, saya ingin tahu namanya untuk dimuat dalam studi pustaka proposal penelitian saya.

    • HERMADIYANSYAH PUTRA
      2001 / 33144

      PROGRAM STUDI MANAJEMEN
      KONSENTRASI MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA

      FAKULTAS EKONOMI
      UNIVERSITAS NEGERI PADANG
      2005

  2. dwi

    salam antropologi.
    k. bsa tdk dikirimkan saya file.y? krn sy lgi butuh file ini tentang pengaruh kebutuhan terhadap pastisipasi mahasiswa dalam kegiatan organisasi????

    thankz before

  3. febrylian devita sari

    kak . apa boleh dikirim filenyaa ? saya membutuhkannya . kita satu almamater kak, saya PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI 2009. terima kasih

    • wah…. salam kompak almamater. saya kebetulan lagi di padang namun saya nggak bawa laptop, nanti kalau sudah di dharmasraya saya kirim ya. mungkin selasa baru bisa saya kirim.

  4. febrylian devita sari

    email : febryliandevitasari@gmail.com

  5. febrylian devita sari

    iyaa , saya tunggu , maksh bayak yaa kak🙂

  6. febrylian devita sari

    kak . boleh mintak tolong kirim kan ke email ini aja kak :
    gilangprakarsa@rocketmail.com
    maslahnyaa email yg di atas lupa pass nya kak . maksh sebelumnya kak

  7. febrylian devita sari

    kak. mohon maav sebelumnya , apa udah dikirim filenyaa kak ? saya sangat membutuhkannya kak sebagai referensi ..

  8. mohon kirimkan file aslinya

  9. anugrah

    kak boleh minta file aslinya gak? buat referensi penyelesaian tugas :’)
    ini email saya kak : nurulanugrahsetyawati@gmail.com
    mohon bantuannya. makasih sebelumnya kak
    :’)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: