Analisis Faktor Penyebab Lamanya Penyelesaian Skripsi dan Proyek Akhir Mahasiswa


Analisis Faktor Penyebab Lamanya Penyelesaian Skripsi dan Proyek Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang Masalah

Universitas Negeri Padang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi menganut sistem Tridharma Perguruan Tinggi  dalam menjalankan fungsinya. Universitas Negeri Padang bertujuan menghasilkan lulusan yang  berilmu  dan mampu menerapkan hasil pendidikannya sebagai wujud sumbangsih pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara baik dalam bidang pendidikan maupun non pendidikan. (UNP, Buku Pedoman Akademik 2006/2007 : 7).

Universitas Negeri Padang terdiri dari 8 fakultas dan setiap fakultas memiliki beberapa jurusan. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik merupakan salah satu bagian dari Universitas Negeri Padang yang berperan sebagai pencetak tenaga kependidikan pada program studi Strata 1 dan tenaga Ahli Madya pada program studi Diploma 3. Sesuai dengan jumlah SKS yang harus diselesaikan masing-masing program jumlah SKS untuk program studi S1 antara 144-160 SKS masa studi dapat diselesaikan dalam delapan semester atau kurang sedangkan untuk program studi D3 jumlah SKS yang harus diselesaikan antara110-120 SKS dan masa studi selama enam semester.(UNP, Buku Pedoman Akademik 2006/2007 : 7).

Berkaitan dengan masa studi mahasiswa, jika dilihat fenomena di lapangan masih banyak mahasiswa pada angkatan 2005 dan 2006 Jurusan Teknik Mesin yang belum menyelesaikan studi tepat waktu. Permasalahan ini dapat terlihat, dari mahasiswa angkatan 2005 pada program studi pendidikan teknik mesin (S1) masih ada 15 mahasiswa yang belum menyelesaikan studi, pada program studi teknik mesin (D3) masih ada 23 mahasiswa yang bermasalah dalam menyelesaikan studi. Sedangkan pada mahasiswa angkatan 2006, program studi teknik mesin (D3) masih ada 45 mahasiswa yang bermasalah dalam menyelesaikan studi.

Untuk lebih rinci dan jelas, dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Tabel 1:1

Rekapitulasi Jumlah Mahasiswa yang Tidak Tamat Tepat Waktu

 Mahasiswa Angkatan 2005 dan 2006 Jurusan Teknik Mesin FT-UNP

No

Tahun Masuk

Jumlah mahasiswa yang terdaftar pada semester Juli – Desember 2009

Jumlah mahasiswa yang belum menyelesaikan Studi

S1

D3

1

2005

S1 = 24 dan D3 = 69

15

23

 

2

 

2006

S1 =67 dan D3 = 78

Sedang menjalankan Skripsi

45

Sumber: Administrasi jurusan mesin tahun 2010

Beberapa faktor umum yang menyebabkan lamanya masa studi di Perguruan Tinggi di antaranya yaitu, Kurangnya strategi dan cara belajar yang kurang baik  menyebabkan nilai mahasiswa rendah ini. Hal inilah yang sering mengakibatkan mengakibatkatkan pada mata kuliah tertentu dilakukan pengambilan ulang untuk memperbaiki nilai, terlalu aktif berorganisasi dan masalah yang utama adalah permasalahan pada penyelesaian Tugas Akhir yaitu skripsi pada mahasiswa Strata I dan Proyek Akhir pada mahasiswa Diploma 3.

Skripsi dan proyek akhir merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa di akhir masa studinya berdasarkan hasil penelitian dan kajian kepustakaan yang jelas. Berdasarkan buku pedoman akademik 2006/2007 mahasiswa pada jenjang pendidikan S1 dapat mengambil mata kuliah skripsi pada semester 8 dan mahasiswa D3 dapat mengambil mata kuliah proyek akhir pada semester 6.

Tugas akhir dapat diselesaikan dalam satu semester atau hanya dalam 16 minggu. (http://tugasakhir-skripsi.hmtm.org). Namun terdapat permasalahan pada Jurusan Teknik Mesin FT-UNP masih banyak mahasiswa yang tidak mampu menyelesaikan tugas akhirnya dalam 1 semester. hal tersebut dapat dilihat berdasarkan data yang didapat dari Biro Administrasi dan Kemahasiswaan (BAAK) sebagai berikut:

  1. Mahasiswa angkatan  2005 pada jenjang program S1 yang mengambil mata kuliah skripsi pada Januari – Juni 2009 sebanyak 17 orang dan pada semester Juli – Desember 2009  sebanyak 7 orang. Namun pada kenyataannya mahasiswa  yang  dapat menyelesaikan tugas akhirnya sampai wisuda Juni 2010 UNP baru sebanyak 9 orang dan masih ada 15 orang yang sedang dalam proses penyelesaikan  skripsi.
  2. Mahasiswa angkatan  2005 pada jenjang program D3 yang mengambil mata kuliah proyek akhir pada Januari – Juni 2008 sebanyak 43 orang dan pada semester Juli – Desember 2008 sebanyak 23 orang. Namun pada kenyataannya mahasiswa  yang  dapat menyelesaikan tugas akhirnya sampai wisuda Juni 2010 UNP baru sebanyak 46 orang dan masih ada 23 orang yang sedang dalam proses penyelesaikan  proyek akhir.
  3. Mahasiswa angkatan  2006 pada jenjang program D3 yang mengambil mata kuliah proyek akhir pada Januari – Juni 2009 sebanyak 47 orang dan pada semester Juli – Desember 2009 sebanyak 31 orang. Namun pada kenyataannya mahasiswa  yang  dapat menyelesaikan tugas akhirnya sampai wisuda Juni 2010 UNP baru sebanyak 33 orang dan masih ada 45 orang yang sedang dalam proses penyelesaikan  proyek akhir.

Berdasarkan wawancara dengan 2 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2005 yaitu Prana Wijaya RM dan Muhammad Arif pada 02 April 2010 pukul 20.00 di kontrakan mahasiswa yang bersangkuatan. Masalah yang sering dihadapi mahasiswa dalam menulis skripsi dan proyek akhir diantaranya,

  1. Kurangnya strategi dan cara belajar yang kurang baik dalam menyelesaikan penulisan skripsi/proyek akhir,
  2. Banyak mahasiswa yang kurang termotivasi dan berkeinginan menyelesaikan skripsi dan proyek akhir secepatnya.
  3. Banyak mahasiswa kesulitan dalam menentukan masalah yang akan diteliti atau yang ingin diketahui lebih lanjut sebagai titik awal untuk menyusun skripsi/proyek akhir.
  4. Mahasiswa mengalami kesulitan mencari referensi yang cukup terkait dengan topik penelitian.
  5. Kurang pengalaman dalam menulis karya ilmiah sehingga sulit untuk menguraikan pendapatnya dalam bentuk tulisan.
  6. Mahasiswa kesulitan melaksanakan bimbingan dengan dosen pembimbing dalam menyelesaikan skripsi dan proyek akhir.

Terkait hasil wawancara di atas, jika dilihat kecenderungan mahasiswa lama dalam menyelesaikan skripsi dan proyek akhir terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal dari diri mahasiswa.

Berdasarkan uraian di atas dan  untuk menjawab permasalahan yang ada   dibutuhkan penelitian, oleh karena itu penulis bermaksud untuk melakukan penelitian dengan mengangkat judul penelitian  ”Analisis Faktor Penyebab Lamanya Penyelesaian Skripsi dan Proyek Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”.

Categories: Skripsi, Tesis | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: