Pengaruh Status Sosial Ekonomi OrangTua, Motivasi belajar, dan Penyediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar


Pengaruh Status Sosial Ekonomi OrangTua, Motivasi belajar, dan Penyediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di  SMAN 8 Padang

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang

Berbagai kemajuan dalam peradaban manusia sampai saat ini tidak pernah lepas dari dunia pendidikan. Hal ini tentunya beralasan, karena melalui pendidikan dapat tercipta output Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengoptimalkan berbagai sumber daya yang ada untuk dimanfaatkan dalam kehidupan. Menyadari pentingnya pendidikan maka setiap bangsa di dunia akan selalu memperhatikan mutu pendidikan di negaranya.

Berdasarkan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 yaitu, “Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu pendidikan dan martabat bangsa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya”. Untuk menciptakan mutu pendidikan yang baik tersebut tentunya tidak akan lepas dari berbagai komponen, antara lain keadaan sosial ekonomi orang tua, sistem dalam pendidikan, fasilitas belajar dan sarana prasarana yang lengkap serta memadai, baik di rumah maupun di sekolah, proses belajar mengajar, guru dan peserta didik itu sendiri serta motivasi  belajar siswa.

Dalam menentukan berkualitas atau tidaknya mutu pendidikan, maka dari segi faktor guru akan berhubungan dengan fungsinya untuk menjalankan aturan yang ditetapkan dalam sistem pendidikan dan mengelola proses belajar mengajar. Dari sisi peserta didik, siswa berperan dalam menciptakan pendidikan yang lebih bermutu. Hal ini dapat dihubungkan dengan kemauan untuk belajar dengan bersungguh-sungguh. Sebab dengan belajar bersungguh-sungguh tentu akan memperoleh hasil belajar  yang memuaskan. Kesungguhan dalam belajar tentunya juga menjadi perhatian dari seluruh siswa, guru, dan semua pihak sekolah termasuk di  SMAN 8  Padang.

Berdasarkan penngalaman lapangan  yang dilakukan terhadap kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di SMAN 8 Padang pada mata pelajaran Ekonomi, diperoleh gambaran bahwa hasil belajar ekonomi siswa kelas X masih tergolong rendah. Hal ini dapat di lihat dari nilai ujian MID mata pelajaran ekonomi  semester 1 pada Tabel 1 berikut ini:

Tabel 1. Nilai Ujian MID Semester 1 Bidang Studi Ekonomi Siswa Kelas X di SMAN  8 Padang Tahun Ajaran 2011/2012

No

Kelas

Rata-Rata Kelas

Siswa yang Tuntas

Siswa yang Tidak Tuntas

Siswa

(%)

Siswa

(%)

1

X1

65,5

14

36,84

24

63,16

2

X2

75,2

16

43,24

21

56,76

3

X3

73,3

11

31,43

24

65,57

4

X4

74,1

17

45,95

20

54,05

5

X5

75,3

16

 42,11

22

57,89

6

X6

67,1

13

35,14

24

64,86

7

X7

76,0

15

39,47

23

60,53

8

X8

60,3

9

25

27

75

    Sumber: Guru Ekonomi Kelas X di SMAN 8Padang

Dari tabel 1 di atas terlihat hasil belajar siswa belum mencapai standar yang diharapkan dalam Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Pada mata pelajaran ekonomi ditetapkan Kriteria Ketuntasan  Minimum (KKM) siswa 70%. Hal ini berarti dari seluruh kelas X yang ada di  SMA 8 Padang  belum ada satu kelaspun yang mencapai taraf Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Rendahnya hasil belajar siswa di atas dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain faktor yang berasal dari dalam diri siswa (faktor internal) dan dari luar diri siswa (faktor eksternal). Faktor internal meliputi kecerdasan, bakat dan motivasi, minat belajar diri siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal meliputi status sosial ekonomi orangtua, kemampuan guru dalam menerangkan pelajaran, fasilitas belajar di rumah, lingkungan dan lain-lain (Syah, 2005:146).

Pernyataan di atas mengandung arti bahwa tinggi rendahnya hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orangtua karena status sosial orangtua berperan penting dalam kemajuan dan kelanjutan pendidikan anaknya yang lebih tinggi Masalah status sosial ekonomi dan harapan masa depan anak dari orang tua untuk menentukan alternatif kelanjutan sekolah anaknya kejenjang yang lebih tinggi, faktor motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, motivasi belajar merupakan faktor yang sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Menurut Hamalik (2000:173) istilah motivasi menunjuk kepada semua gejala yang terkandung dalam stimulasi tindakan ke arah tujuan tertentu di mana sebelumnya belum ada gerakan menuju ke arah tujuan tersebut. Hal senada juga dinyatakan oleh Santrock (2008:510) motivasi adalah proses yang memberi semangat, arah dan kegigihan perilaku.

Menurut Sadirman (2010:89). Ada dua macam motivasi pada diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar, yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik adalah motivasi yang menjadi aktif atau berfungsi tanpa memerlukan  rangsangan dari luar, motivasi ini sudah ada dalam diri siswa sendiri. Dalam diri individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu dan menunjukan keterlibatan dan aktivitas yang tinggi dalam belajar. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang akan aktif apabila sudah ada rangsangan dari luar individu, tanpa adanya rangsangan motivasi ini tidak akan berkembang. Penulis lebih mengarahkan penelitian ini pada motivasi ekstrinsik, dikarenakan sudah banyak peneliti sebelumnya yang membahas tentang motivasi intrinsik

Berdasarkan aspek motivasi ekstrinsik dipengaruhi oleh metode mengajar dan kurangnya pemberian penghargaan atau pujian oleh guru. Hal ini sebagaimana yang dinyatakan oleh Djamarah (2000:185) jika bahan pelajaran disajikan secara menarik besar kemungkinan motivasi belajar anak didik semakin meningkat.

Penulis melakukan penelitian dengan sekaligus pratek lapangan di SMAN 8 khususnya pada kelas X, pemilihan pada kelas X disebabkan oleh siswa kelas X adalah siswa yang baru berada pada masa transisi dari anak-anak ke remaja, masuk ke sekolah tersebut berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda-beda. Kelas XI sudah ada penjurusan IPA atau IPS, sedangkan pada kelas XII sudah dituntut untuk lebih fokus pada ujian akhir nasional dan menghadapi ujian lainnya. Oleh sebab itu, peneliti lebih memfokuskan pada kelas X saja.

Faktor sosial ekonomi orang tua, motivasi, fasilitas belajar di rumah, merupakan faktor yang di duga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penyediaan fasilitas belajar di rumah oleh orangtua merupakan faktor eksternal yang juga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Fasilitas belajar yang lengkap dan tepat akan memudahkan siswa dalam menerima dan menguasai pelajaran, siswa yang memiliki fasilitas belajar yang memadai, akan mendukung hasil belajar dan termotivasi untuk belajar di rumah, hasil belajar yang di harapkan akan tercapai dengan baik. Belajar membutuhkan fasilitas pendukung, baik di sekolah maupun di rumah dalam memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Fasilitas belajar yang dibutuhkan siswa di rumah diantaranya ruang belajar yang kondusif yang dilengkapi dengan meja, kursi, penerangan, alat-alat tulis dan lain-lainnya. Alat pendidikan merupakan fasilitas yang diberikan untuk membantu proses belajar anak, kekurangan alat pendidikan dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam belajar dibutuhkan biaya untuk membeli dan mencukupi fasilitas belajar. Fasilitas belajar di sekolah meliputi ruang belajar dan perabotannya, laboratorium, perpustakaan dan lain-lain, sedangkan fasilitas belajar di rumah adalah tempat belajar, alat perlengkapan belajar, buku-buku yang berhubungan dengan pelajaran ekonomi.

Berdasarkan hasil pengamatan awal penulis, bahwa fasilitas belajar siswa SMAN 8 Padang belum memadai, hal ini dapat dilihat dari persiapan siswa sebelum mengikuti pelajaran ekonomi, siswa yang meminjam alat tulis temannya, bahkan ada siswa yang tidak membawa alat tulis sama sekali, ada siswa pergi ke sekolah yang hanya membawa satu buah buku tanpa membawa tas. Selain itu banyak siswa yang tidak memiliki buku penunjang dalam belajar. Saat ditanya oleh guru yang bersangkutan jawabannya cukup mengherankan, yaitu uang jajan yang diberikan oleh orangtunya tidak cukup untuk membeli alat-alat tulis maupun membeli buku dan orangtuanya tidak punya uang. Kurang lengkapnya fasilitas belajar yang disediakan orang tua di rumah mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.

Permasalahan ini hendaknya menjadi perhatian bagi orangtua, untuk lebih melengkapi fasilitas belajar di rumah, sehingga diharapkan siswa lebih termotivasi, dan dalam belajar ekonomi, dan tentunya nanti berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Namun, untuk siswa yang tidak mampu membeli buku atau fasilitas lainnya diharapkan untuk bisa meminjam ke perpustakaan sekolah atau meminjam kepada teman.

Categories: Skripsi, Tesis | Tags: , , , , , | 33 Komentar

Navigasi pos

33 thoughts on “Pengaruh Status Sosial Ekonomi OrangTua, Motivasi belajar, dan Penyediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar

  1. Terima kasih mau berbagi…bisa di share yang lengkap?

  2. rizka nurafiana

    mas, boleh tau lebih lengkapnya gak ?

  3. Assalamualykum… Boleh dapat file lengkapnya? Ini email saya alvanasbullah@yahoo.co.id
    Terimakasih sangat membantu…🙂

  4. sangat membantu penelitiannya, bolehkan saya mendapatkan file yg lbh lengkap..?
    ni emainlnya : indrabeta@gmail.com
    terimakasih…

    • alhamdulillah kalau bisa membantu mas. yang ini tesis tidak boleh di publikasikan secara lengkap sama yang pesan mas. kalau mau teori atau hal yang dirasa dibutuhkan silahkan comen lagi. saya akan usaha bantu…

  5. yon eka putri

    Slm mas, mksh publikasinya n mau berbagi. Pnelitian qt rada mirip mas,saya variabelnya status sosial ekonomi, konsep diri n motivasi. Blh ngk saya minta file lengkapnya. Email saya, yonekapoetri@gmail.com. Trims…..

    • salam kenal kembali. oke, saya akan kirim filenya, semoga bermanfaat dan jangan lupa komenkembali bila telah sukses ya……

  6. boleh gak kirim file yg lengkap bg? indahmustikaandini@gmail.com

  7. Dari STKIP PGRI bg.. Jurusan ekonomi.. Lam knal ja ya bg..

  8. yon eka putri

    Trims atas krman filenya, mg bs m+ referensi n pengetahuan saya dlm pnulisan…..

  9. tuby

    mas bisa kirim k email saya ga???
    tubydewi@yahoo.com
    makasih mas sebelumnya…

  10. jirnawati

    assalamualaikum mas…bisa nggak sy minta file lengkapnya, soalnya judulnya ada status ekonomi sosial orang tuanya sama dgn judul saya, sekalian daftar pustakanya jirnawati73@yahoo.com, makasih

  11. Kausar

    assalamualaikum mas…bisa nggak sy minta file lengkapnya, soalnya judulnya ada status sosial ekonomi orang tuanya sama dgn judul saya, sekalian daftar pustakanya, saarkausar@gmail.com Terima Kasih

  12. iman

    bisa tidak saya minta file aslinya sebagai bahan referensi…. email sy
    iman_8575@yahoo.co.id

  13. WitriF

    maap mas, saya boleh juga minta File lengkapnya. heheee kirim ke email saya witri_fauziah@ymail.com terimakasih sebelumnya

  14. Mona

    Slam. mas…bisa minta tolong juga untuk ngrimin file lengkapya ke email saya,,slam kenal dari saya mona, kuliah pascasarjana UNP Padang,, tesis sy berhubungan dengan status sosial ekonomi ini juga,,,mhon bantuannya y mas ke email sy monayuliazulfa@gmail.com. mksih sblumnya mas🙂

  15. Salam mas, saya boleh minta yg lebih lengkap gga mas ?
    kalau boleh kirim ke email saya di nofitriutami20@gmail.com,
    terima kasih. .

  16. salam hangat mas, terima kasih karna sudah diupload tesis nya. boleh saya minta tolong untuk dapat kan mengenai teori”nya secara lengkap (baik pendukung dan penghubung) dan juga bisa kah saya mendapatkan daftar pustaka nya mas karena kebetulan judul skripsinya hampir sama dengan saya. saya frenki kuliah di UNJ, mohon bantuannya yahh mas ke email saya smartstudy_11@yahoo.com . Terima kasih sekali lagi mas atas bantuan nya …

  17. Tulisan Mas Jun sangat bagus. Saya Wayan Sucipta dari Bali saat ini sedang menulis tesis yang hampir sama dengan tulisan mas di internet. Kalau mas mau bantu saya mohon share kiim ke mail saya: wayansucipta@yahoo.com. Sebelumnya saya ucapkan slam hangat dan terima kasih.

  18. mas bisa kirim yang lengkap
    ini email saya akhmadmuttaqi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: