Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Ekuitas Merek (Brand Equity) Kartu Seluler Simpati Pada Mahasiswa


Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Ekuitas Merek (Brand Equity) Kartu Seluler Simpati Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang Masalah

Pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin meningkat sedemikian cepatnya. Mobilitas manusia yang semakin tinggi menuntut mereka untuk membutuhkan sarana yang efektif dan efisien untuk berkomunikasi, guna menunjang aktivitas mereka sehari‑hari, di mana sarana itu haruslah memudahkan mereka untuk dapat menghubungi dan dihubungi seseorang kapan saja dan di mana saja.

Kebutuhan akan sarana komunikasi yang efektif dan efisien mendorong munculnya Jaringan teknologi komunikasi yang akhirnya  merangsang munculnya komunikasi global. Salah satunya adalah GSM (Global System for Mobile Communication) yang akhirnya menjadi tulang punggung dari jaringan global tersebut. Jaringan seluler GSM menjadi solusi alternatif akan kebutuhan sarana komunikasi, dimana teknologi yang ada pada ponsel memberikan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi, bentuknya yang kecil dan ringkas memudahkan ponsel untuk dapat dibawa kemana‑mana, sehingga  ponsel sangat praktis untuk dapat menghubungi dan dihubungi dalam keadaan mendesak.

Peningkatan permintaan ponsel GSM secara otomatis meningkatkan permintaan akan SIM Card, karena SIM Card ini merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh pelanggan untuk mengoperasikan telepon seluler GSM fenomena tersebut merangsang munculnya perusahaan-perusahaan operator yang menyediakan kebutuhan SIM Card GSM.

 Telkomsel  merupakan salah satu operator ponsel resmi yang berdiri pada 26 Mei 1995, dengan meluncurkan kartu seluler simpati. Kartu seluler simpati merupakan produk yang pertama sekali keluar/muncul dalam bidang SIM Card GSM untuk telepon seluler dan sekaligus menjadi pioner dalam bidang telekomunikasi khususnya pada kartu seluler. Dalam usaha memperluas jangkauan pemasarannya, Telkomsel mendirikan Ghrapari (cabang-cabang) yang ada diberbagai Propinsi di Indonesia yang dibagi menjadi IV regional. Untuk regional 1 Sumatera berpusatnya di kota Medan, namun untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Sumatera Barat yang merupakan bagian dari regional 1, Telkomsel mendirikan cabang/grapari di kota Padang.

 Untuk itu kita dapat melihat perkembangan pelanggan Kartu seluler Simpati pada periode Januari-juni Tahun 2005 adalah.

Tabel 1.1

 Jumlah pelanggan Kartu seluler Simpati

Periode Januari -Junitahun 2005

Bulan

Jumlah

Persentase peningkatan pelanggan

Januari

11.264

Februari

11.670

36%

Maret

14.595

25%

April

17.507

20%

Mai

20.045

14.5%

Juni

24.154

20.49%

Jumlah

99.235

16.71%

(Rata-rata peningkatan)

Sumber: PT. Telkomsel Cabang Padang

Data di atas menunjukan bahwa tingkat penjualan terakhir yang dicapai oleh Simpati pada Tahun 2005 sebesar 24.154 pelanggan dan rata-rata peningkatan jumlah pelanggan tiap bulannya sekitar 16%.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan masyarakat terhadap teknologi ponsel maka pemerintah mengeluarkan regulasi yang memberikan kesempatan bagi pihak swasta lainnya untuk ikut bermain pada bisnis telekomunikasi, sehingga muncullah pesaing-pesaing baru bagi telkomsel seperti Exelcomindo, indosat dll, sehingga disini perusahaan harus lebih hati-hati dalam merumuskan kebijakan yang akan dilaksanakan untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen, meski demikian pada akhirnya pelanggan dan calon pelanggan jugalah yang memutuskan produk mana yang akan dipilih untuk digunakannya.

Perkembangan pangsa pasar untuk ponsel berteknologi GSM tidak saja terjadi pada pelaku bisnis tetapi juga menyebar kekalangan masyarakat umum, seperti pelajar dan mahasiswa, mereka lebih banyak melakukan komunikasi secara elektronik (e) dan melalui media internet (i) yang tersedia dalam jaringan seluler. Perkembangnya pengunaan Kartu seluler dikalangan mahasiswa menyebabkan terjadinya persaingan antara operator GSM dalam merebut segmen mahasiswa.

Berkembangnya industri GSM dikalangan mahasiswa juga terjadi di lingkungan mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dimana mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dalam menunjang sarana komunikasi lebih memilih menggunakan telepon seluler, hal ini terlihat dengan terjadinya perubahan gaya hidup dikalangan mahasiswa yaitu mereka selalu membawa telepon seluler atau yang lebih dikenal dengan hand phone dalam aktivitas mereka sehari-hari.

Berikut ini dapat dilihat jumlah mahasiswa yang terdaftar pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Tahun Ajaran 2007-2008.

Tabel 1.2

 Jumlah Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP

Tahun 2003-2007

Prodi

2003

2004

2005

2006

2007

Jumlah

Akuntansi

84

121

109

144

169

627

Pendidikan Ekonomi

153

157

169

241

257

977

Manajemen

103

110

93

138

163

607

Ekonomi Pembangunan

103

91

99

132

153

578

Total

443

479

470

655

742

2789

Sumber: Kantor Registrasi UNP

 

Dari Tabel 1.2 di atas dapat dilihat pada saat ini terdapat sebanyak 2789 orang mahasiswa yang terdaftar pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jumlah tersebut menyebabkan mahasiswa ekonomi menjadi pasar yang pontensial bagi perkembangan industri GSM khususnya di kota Padang.

Menghadapi fenomena diatas dan semakin ketatnya persaingan dalam industri GSM, maka PT. Telkomsel sebagai pioner dalam jasa  komunikasi  seluler hendaknya dapat terus mengembangkan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan dalam industri GSM dan untuk mendapatkan tempat dan kepercayaan dibenak konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan PT. Telkomsel adalah  dengan terus membangun citra mereknya. Karena citra suatu merek biasanya menjadi patokan, sebagian besar konsumen sebelum mereka membeli produk atau jasa, atribut ini semakin menonjol seiring dengan sadarnya konsumen akan pentingnya produk atau jasa yang berkualitas tinggi (Marketing 2004:8). Perusahaan atau produk yang memiliki merek yang kuat cendrung lebih mudah memenuhi kebutuhan dan keinginan sesuai dengan persepsi pelanggan, perusahaan tersebut juga akan lebih mudah menempatkan (posisioning) produk yang lebih baik di benak konsumen.

 Nilai atau reputasi yang tinggi yang dimiliki oleh merek disebut ekuitas merek. Dengan demikian produk yang memiliki ekuitas merek yang tinggi akan memberikan kekuatan keuntungan pada perusahaan. Semakin kuat ekuitas merek suatu produk, maka semakin kuat daya tariknya untuk menggiring konsumen menggunakan produk tersebut, yang selanjutnya akan mengantar perusahaan mencapai keuntungan dari waktu ke waktu.

Mengelola Brand Equity saat ini merupakan bagian yang sangat penting karena ia merupakan salah satu aset yang paling beharga bagi suatu perusahaan, kunci sukses suatu bisnis adalah memiliki atribut keunggulan bersaing yang sulit bisa ditiru oleh pesaing dan dengan mengelola ekuitas merek dapat meningkatkan atribut keunggulan bersaing, karena itu perusahaan yang memiliki merek yang kuat dapat lebih mudah merebut peluang bisnis yang ada dibandingkan perusahaan yang tidak memilliki merek yang kuat ( Rangkuti 2002:Xii).

Terdapat banyak variabel dalam membentuk citra merek dari produk, adapun pembentukan citra merek ini merupakan salah satu tujuan dari strategi bauran promosi. Untuk membentuk citra merek yang positif memerlukan proses yang panjang dan mengggunakan strategi yang tepat bahkan produk tersebut harus dipromosikan berulang-ulang agar bisa memunculkan persepsi yang positif. Hal ini membutuhkan suatu komitmen dan konsisten dari produsen.

 Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk mengaplikasikan ekuitas merek kartu seluler Simpati dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan judul penelitian “Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Ekuitas Merek (Brand Equity) Kartu Seluler Simpati Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Categories: Skripsi | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: