Skripsi – ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU CALON MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI NEGERI DI KOTA PADANG


ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU CALON MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI NEGERI DI KOTA PADANG

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pendidikan merupakan suatu usaha mutlak yang digunakan untuk membentuk manusia seutuhnya. Pendidikan itu dapat dilakukan secara formal maupun non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dilaksanakan disekolah secara teratur, sistematis, mempunyai jenjang dan tingkat yang dilaksanakan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan non formal adalah pendidikan luar sekolah seperti lembaga-lembaga kursus keterampilan dan pelatihan-pelatihan.

Tujuan pendidikan sebagaimana tertuang pada Undang-Undang No 2 tahun 1989 pasal 4, antara lain dirumuskan : “Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ikut serta dalam meramaikan jasa pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Saat ini, di Indonesia terdapat banyak pilihan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin melanjutkan studi keperguruan tinggi. Jumlah perguruan tinggi bertambah terus, saat ini terdapat 53 Perguruan Tinggi Negeri dan sekitar 1400 Perguruan Tinggi Swasta yang dapat menjadi kriteria para calon mahasiswa memilih perguruan tinggi yang mereka inginkan. (Departemen Pendidikan Indonesia Tahun 2007, Diakses Juni 2006).

Perguruan tinggi selaku penyedia jasa pendidikan tinggi harus dapat membenahi dirinya, sehingga dapat menyesuaikan dengan tingkat perkembangan dan keinginan konsumen yang ingin menggunakan jasa pendidikan tinggi tersebut. Jasa merupakan sesuatu yang bisa dipertukarkan namun kerap kali sulit dialami atau dirasakan fisiknya. Sejalan dengan itu, Kotler (2002:486) menyatakan bahwa jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepihak lain yang pada esensinya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan sesuatu, produksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik. Ada empat karateristik jasa yang sangat mempengaruhi rancangan program pemasaran yaitu, tidak berwujud, tidak dipisahkan, bervariasi, dan mudah lenyap.

Sejalan dengan kebutuhan dunia kerja akan tenaga kerja yang handal dan berkualitas, mendorong para siswa lulusan SMA untuk membekali diri mereka dengan mencari berbagai perguruan tinggi yang menyediakan berbagai fakultas yang dibutuhkan dalam dunia kerja tersebut. Hal ini menjadi peluang bagi pihak-pihak perguruan tinggi untuk menciptakan pendidikan untuk merespon keinginan banyak para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan keperguruan tinggi.

Di Indonesia saat ini, Perguruan Tinggi Negeri merupakan tujuan banyak para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka dengan mengikuti ujian Saringan Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) agar dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorite mereka. Penilaian yang berbeda bila calon mahasiwa bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri dibandingan mereka kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Hal ini bisa terlihat dengan banyaknya calon mahasiswa yang melanjutkan keperguruan tinggi dengan mengikuti seleksi ujian SPMB yang dinilai mereka dengan masuk/kuliah diperguruan tinggi negeri lebih menunjukkan gengsi yang lebih tinggi jika dibandingkan kuliah diperguruan tinggi swasta.

Categories: Skripsi | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: