SKRIPSI – Analisis Faktor-faktor penentu pembentukan Brand Equity pada kartu seluler Simpati pada mahasiswa


Analisis Faktor-faktor penentu pembentukan Brand Equity pada kartu seluler Simpati pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin meningkat sedemikian cepatnya. Mobilitas manusia yang semakin tinggi menuntut mereka untuk membutuhkan sarana yang efektif dan efisien untuk berkomunikasi, guna menunjang aktivitas mereka sehari‑hari, di mana sarana itu haruslah memudahkan mereka untuk dapat menghubungi dan dihubungi seseorang kapan saja dan di mana saja.

Kebutuhan akan sarana komunikasi yang efektif dan efisien mendorong munculnya Jaringan teknologi komunikasi yang akhirnya merangsang munculnya komunikasi global. Salah satunya adalah GSM (Global System for Mobile Communication) yang akhirnya menjadi tulang punggung dari jaringan global tersebut. Jaringan seluler GSM menjadi solusi alternatif akan kebutuhan sarana komunikasi, dimana teknologi yang ada pada ponsel memberikan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi, bentuknya yang kecil dan ringkas memudahkan ponsel untuk dapat dibawa kemana‑mana, sehingga ponsel sangat praktis untuk dapat menghubungi dan dihubungi dalam keadaan mendesak.

Peningkatan permintaan ponsel GSM secara otomatis meningkatkan permintaan akan SIM Card, karena SIM Card ini merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh pelanggan untuk mengoperasikan telepon seluler GSM fenomena tersebut merangsang munculnya perusahaan-perusahaan operator yang menyediakan kebutuhan SIM Card GSM.

Telkomsel merupakan salah satu operator ponsel resmi yang berdiri pada 26 Mei 1995, dengan meluncurkan kartu seluler simpati. Kartu seluler simpati merupakan produk yang pertama sekali keluar/muncul dalam bidang SIM Card GSM untuk telepon seluler dan sekaligus menjadi pioner dalam bidang telekomunikasi khususnya pada kartu seluler. Dalam usaha memperluas jangkauan pemasarannya, Telkomsel mendirikan Ghrapari (cabang-cabang) yang ada diberbagai Propinsi di Indonesia yang dibagi menjadi IV regional. Untuk regional 1 Sumatera berpusatnya di kota Medan, namun untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Sumatera Barat yang merupakan bagian dari regional 1, Telkomsel mendirikan cabang/grapari di kota Padang.

Untuk itu kita dapat melihat perkembangan pelanggan Kartu seluler Simpati pada periode Januari-juni Tahun 2005 adalah.

Tabel 1.1

Jumlah pelanggan Kartu seluler Simpati

Periode Januari -Junitahun 2005

Bulan Jumlah Persentase peningkatan pelanggan
Januari 11.264
Februari 11.670 36%
Maret 14.595 25%
April 17.507 20%
Mai 20.045 14.5%
Juni 24.154 20.49%
Jumlah 99.235 16.71%

(Rata-rata peningkatan)

Sumber: PT. Telkomsel Cabang Padang

Data di atas menunjukan bahwa tingkat penjualan terakhir yang dicapai oleh Simpati pada Tahun 2005 sebesar 24.154 pelanggan dan rata-rata peningkatan jumlah pelanggan tiap bulannya sekitar 16%.

Categories: Skripsi | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: