INTENSIFIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


INTENSIFIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYYAH RAHMAH EL-YUNUSIYYAH (MIS REY) KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan suatu usaha atau proses yang ditujukan untuk membina kualitas sumber daya manusia seutuhnya agar ia kelak dapat melakukan perannya dalam kehidupan secara fungsional dan optimal. Beberapa upaya yang dilaksanakan diantaranya peningkatan pada sarana dan prasarana pendidikan. Hal ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan bangsa dan terciptanya manusia Indonesia seutuhnya. Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas merupakan aset bangsa dan Negara dalam melaksanakan pembangunan nasional di berbagai sektor, serta dalam menghadapi tantangan kehidupan masyarakat dalam era globalisasi.

Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan.

Dalam Islam, manusia dituntut untuk belajar dan juga mengajar. Kewajiban setiap individu seorang muslim untuk menuntut ilmu dari sejak buaian hingga akhir hayat, hal tersebut merupakan perintah Allah dan Rasul, adapun motivasi dan penggiatan untuk memiliki ilmu pengetahuan sesuai

dengan firman Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an.

 

(۱۱: اﻟﻤﺟﺎﺩﻟﺔ) .

Artinya :

“ Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu:berlapang lapanglah dalam majelis, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.(Q.S. Al-Mujaadilah : 11)

 

Dengan belajar seseorang akan memperoleh ilmu, dengan belajar pula seseorang akan memperoleh pahala dari Allah SWT, dan dengan ilmu hidup seseorang akan menjadi lebih berguna.

Maka dari pada itu, pendidikan merupakan elemen yang sangat penting dalam menjalani kehidupan, karena dari sepanjang perjalanan manusia, pendidikan merupakan barometer untuk mencapai nilai-nilai kehidupan.Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005), Cet. ke-3, h.22.Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an, 1971), h.910-911

Categories: Skripsi | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: