KOMPETENSI YANG DIPERLUKAN SISWA DALAM DUNIA USAHA DAN INDUSTRI


KOMPETENSI YANG DIPERLUKAN SISWA DALAM DUNIA USAHA DAN INDUSTRI BERDASARKAN STUDI PENELUSURAN LULUSAN SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
SEKOTA PADANG

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Seiring dengan berkembangnya dunia usaha dan industri di Indonesia khususnya bidang otomotif secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kualitas lulusan yang di tuntut untuk dapat bekerja atau membuka lapangan kerja baru begitu menyelesaikan sekolah, karena hal tersebut merupakan tujuan utama dari Sekolah Menengah Kejuruan.

SMK yang merupakan bagian dari lembaga pendidikan mempunyai taggung jawab dalam upaya menghasilkan tenaga kerja yang siap terjun langsung ke dunia kerja, karena itu lulusan SMK haruslah memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja saat ini. Namun kenyataannya masih banyak lulusan SMK yang masih belum memenuhi harapan dunia usaha dan industri yang diakibatkan ketidak mampuan mereka untuk bersaing dalam meraih peluang kerja yang tersedia serta kurangnya kompetensi yang dimiliki.

Sebagian besar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta kemajuan teknologi yang tidak mudah dilatih kembali atas kekurangannya tersebut dalam waktu yang singkat. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran di SMK belum nampak menyetuh pada pengembangan diri dalam kemampuan adaptasi peserta didik terhadap dunia usaha dan industri. Kondisi ini yang menjadikan lulusan SMK harus menguasai kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri serta standar kompetensi Nasional. Selain itu kebutuhan pembekalan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga harus dikuasai oleh para lulusan SMK.

Mutu lulusan Pendidikan sangat erat kaitannya dengan proses pelaksanaan pembelajaran yang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain kurikulum, tenaga pendidik, proses pembelajaran, sarana dan prasarana, alat bantu dan bahan, manajemen sekolah, lingkungan sekolah, dan lapangan latihan kerja siswa. Oleh karena itu, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan harus dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang dapat dengan mudah terserap oleh dunia kerja, karena materi ajar baik teori dan praktek yang bersifat aplikatif telah diberikan sejak dini, dengan harapan lulusan SMK memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Walaupun peluang untuk bekerja di dunia otomotif cukup besar, akan tetapi kompetensi yang dimiliki untuk bekerja bagi para lulusan SMK masih dipertanyakan, karena mereka belum banyak mengetahui hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk dapat bekerja secara profesional di bidang otomotif. Dengan adanya tantangan tersebut diharapkan siswa SMK khususnya Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif mempunyai kompetensi dan nilai lebih sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitasnya sebagai calon tenaga kerja yang profesional di bidang otomotif.

Dengan adanya kesenjangan antara tuntutan kemampuan kerja yang ditetapkan industri dengan materi yang diberlakukan di SMK, mengharuskan upaya relevansi dari kedua belah pihak untuk menjembatani perbedaan tersebut. Salah satu upaya yang mungkin dapat dilakukan antara lain dengan meminta pendapat pihak industri tentang materi apa saja yang perlu diberikan SMK kepada siswa sebagai calon tenaga kerja. Disamping itu, perlu dilakukan proses evaluasi terhadap materi kurikulum SMK untuk menjawab kebutuhan dunia kerja. Pelaksanaan proses relevansi dan evaluasi meteri dalam kurikulum akan membantu SMK untuk menyiapkan calon tenaga kerja yang profesional. Menurut ( Bargol, Paul 2002:4 ) mengatakan dengan adanya kompetensi yang berstandar industri atau perusahaan akan memberikan keuntungan atau manfaat bagi industri diantaranya :

  1. Identifikasi dan kesesuaian yang lebih baik berkaitan dengan kebutuhan keterampilan secara menyeluruh untuk industri.

Memberikan suatu dasar pemahaman hasil kursus yang jelas bagi industri.

Categories: Skripsi | Tags: , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “KOMPETENSI YANG DIPERLUKAN SISWA DALAM DUNIA USAHA DAN INDUSTRI

  1. linda yunanda

    selamat mlm mas,,bisa mnta bab 2 dan 3 nys

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: