pembuatan data warehouse dengan proses analisa dan laporan menggunakan aplikasi berbasis Visual Foxpro


Pembuatan data warehouse dengan proses analisa dan laporan menggunakan aplikasi berbasis Visual Foxpro

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam pengelolaan database organisasi baik organisasi bisnis maupun organisasi non profit terdapat istilah bahwa “organisasi kaya akan data, tetapi miskin akan informasi” atau “businesses have been rich in data and poor in information”. Dengan perancangan dan mengembangan suatu Sistem Manajemen Informasi berdasarkan pada suatu data warehouse. Suatu data warehouse bukan hanya suatu arsip atau fasilitas penyimpanan data. Data warehouse harus dengan cerdas dirancang untuk berisi informasi dan data yang penting untuk mendukung memecahkan masalah secara aktip.

Sejarah data warehouse menjadi suatu jenis berbeda dari database komputer sepanjang akhir 1980 dan awal 1990. Telah dikembangkan untuk mempertemukan suatu pertumbuhan permintaan bagi Manajemen Informasi dan Analisa yang tidak bisa dijumpai oleh sistem operasional (program aplikasi). Sistem operasional (program aplikasi) tidak mampu untuk mempertemukan kebutuhan ini untuk beberapa pertimbangan:

  • Pengolahan pelaporan data yang banyak/besar dapat mengurangi waktu tanggap sistem operasional (program aplikasi).
  • Perancangan database sistem operasional (program aplikasi) tidaklah dioptimalkan untuk Analisa Informasi dan Pelaporan.
  • Kebanyakan organisasi mempunyai lebih dari satu sistem operasional (program aplikasi), maka pelaporan secara keseluruhan organisasi tidak bisa didukung dari sistem tunggal.
  • Pengembangan laporan sistem operasional (program aplikasi) sering memerlukan program komputer spesifik yang mahal dan lambat.

Sebagai solusinya, menciptakan data warehouse sebagai database yang khusus dirancang untuk mendukung Informasi Manajemen dan tujuan Analisa. Data warehouse dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber data yang berbeda, seperti komputer mainframe, minicomputers, seperti halnya komputer pribadi dan perangkat lunak otomasi kantor seperti spreadsheet, dan mengintegrasikan informasi ini di dalam tempat tunggal. Kemampuan ini, menggabungkan antara fasilitas report mudah dioperasikan dan kebebasan dari dampak operasional, telah mendorong suatu pertumbuhan sistem komputer jenis ini.

Categories: Skripsi | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: