HUBUNGAN SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DALAM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR


HUBUNGAN SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DALAM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan hampir semua aspek kehidupan manusia dimana berbagai permasalahan hanya dapat dipecahkan kecuali dengan upaya penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efesien dalam proses pembangunan, kalau tidak ingin bangsa ini kalah bersaing dalam menjalani era globalisasi tersebut.

Pendidikan merupakan faktor penentu suatu bangsa dalam menghadapi tantangan global. Melalui pendidikan kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan. Sehingga memiliki efisiensi dan produktifitas yang tinggi dalam pembangunan. Oleh karena itu, peningkatan mutu merupakan salah satu tujuan utama pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan harus terus diupayakan oleh pihak terkait seperti pengembangan dan pembinaan tentang kependidikan untuk semua tingkat, seperti pembinaan dan pengembangan personil, sarana dan prasarana pendidikan seperti gedung-gedung sekolah perpustakaan, pengadaan buku-buku dan fasilitas lainnya.

Yang menentukan pencapaian baik buruknya hasil belajar siswa secara umum tergantung pada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dalam diri siswa yang meliputi kondisi fisik, cara belajar, minat, tingkat kecerdasan, bakat, motivasi, dan lain sebagainya. Dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti lingkungan keluarga, sarana dan prasarana, kurikulum, tenaga pengajar, lingkungan belajar dan lain sebagainya.

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan faktor penting dalam usaha peningkatan hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa. Jadi suasana lingkungan belajar yang baik dan menyenangkan akan menyebabkan pencapaian hasil belajar yang baik pula, dan sebaliknya suasana lingkungan belajar yang tidak menyenangkan dan tidak terorganisasi dengan baik akan menimbulkan hambatan bagi siswa dalam mencapai prestasi yang baik.

Kekurangan sarana dan prasarana pendukung pendidikan seperti gedung tempat belajar, ruangan belajar dan ruangan untuk kegiatan lainnya, baik guru maupun siswa, kemungkinan akan menimbulkan penilaian siswa yang kurang baik terhadap suasana lingkungan belajarnya.

Pada saat belajar di dalam kelas ada beberapa kejanggalan yang peneliti amati selama melakukkan PPLK yaitu seperti anak yang cerdas cendrung menjadi anak yang nakal jika berada di kelas yang dianggapnya tidak memberikan tantangan. Ia akan mempunyai banyak waktu untuk memikirkan kejailan-kejailan dan perbuatan yang tidak normal untuk menghilangkan kebosanan, kasus seperti ini seorang guru dituntut harus mampu memberikan pelajaran dan pertanyaan yang menantang kepada siswa yang cerdas dalam belajar. Anak cerdas yang berada dalam kelas rata-rata akan mengalami hambatan untuk berprestasi jika masalah ini kurang diperhatikan. Untuk anak yang kurang cerdas harus mendapat perhatian yang lebih dari seorang guru untuk lebih termotivasi dalam belajar supaya siswa yang kurang cerdas tidak merasa kalah bersaing dalam belajar. Jadi untuk meminimalisir kejadian ini seorang guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, menciptakan ruang belajar yang menarik, mendudukkan pelajaran secara nyaman, mengajar yang bervariasi, menyadarkan siswa bahwasanya dia mempunyai hak yang sama dalam belajar serta menyediakan guru-guru yang terlatih dengan baik dalam seni pengajaran sugesti.

Baik buruknya lingkungan belajar dalam kelas akan mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Dari survey awal yang dilakukan penulis pada tanggal 4-9 November pada kelas X TKR di sekolah SMK Muhammadiyah 1 Padang yaitu banyak siswa yang nilainya bermasalah yaitu banyak yang dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Nilai KKM untuk pelajaran kejuruan yaitu ≤70.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: