Pengaruh Penggunaan Media Permainan Scrabble Terhadap Hasil Belajar


PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI POKOK KOLOID DI SMA NEGERI 4 PAYAKUMBUH

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang

Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan untuk mengembangkan kualitas (Djamarah, 2002:22). Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, merupakan permasalahan pendidikan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia sekarang ini. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Pembangunan Nasional di bidang pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pendidikan merupakan upaya yang terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, makmur dan jauh dari kebodohan.  Namun, untuk mewujudkan maksud tersebut bukan hal yang mudah. Membutuhkan waktu dan dukungan dari seluruh komponen bangsa serta usaha yang harus direncanakan secara matang, berkelanjutan dan berlangsung terus-menerus.

Guru merupakan ujung tombak dan titik sentral untuk mewujudkan kemajuan pendidikan di sekolah. Betapapun baik dan lengkapnya kurikulum, metoda, media atau sumber belajar, sarana dan prasarana lainnya tanpa adanya guru profesional mustahil tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Dengan upaya optimalisasi kompetensi yang dilakukan masing-masing guru di sekolah, prestasi siswa akan dapat ditingkatkan dan hasil belajar siswa yang rendah juga dapat ditingkatkan melalui perbaikan proses pembelajaran yang lebih baik.

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah adalah kimia. Mata pelajaran kimia menuntut siswa untuk mampu menguasai konsep dan mampu untuk menganalisisnya serta mampu menguasai perbendaharaan kosakata kimia. Oleh karena itu, diperlukan media untuk mempermudah siswa menguasai materi pelajaran dengan tujuan menimbulkan minat, motivasi, kreativitas, meningkatkan aktivitas siswa, dan membuat pembelajaran menjadi bermakna yang akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMA N 3 Payakumbuh, pada tiga bulan terakhir ini diperoleh bahwa kondisi objektif yang terjadi di lapangan, bahwa nilai pelajaran kimia masih kurang berhasil, dapat dilihat berdasarkan tabel berikut:

Categories: Skripsi | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: