PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RENTAL VCD DAN DVD WARNER DISC LAPAI PADANG


PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RENTAL VCD DAN DVD WARNER DISC LAPAI PADANG

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia usaha saat ini sangat memungkinkan semua pihak berlomba untuk mendapatkan posisi yang unggul, posisi tersebut dapat berupa penguasaan pasar atau konsumennya. Tentu di dalam mendapat posisi tersebut dibutuhkan kematangan pengelola usaha untuk menyususun langkah dan strategi perusahaan untuk melancarkan penguasaan pasarnya. Hal yang perlu ditekankan perusahaan adalah mendeteksi kebutuhan dan keinginan pasar atau konsumennya. Konsumen merupakan komponen penting yang mampu mempengaruhi pencapaian tujuan pemasaran. Prinsip pemasaran mengatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi tergantung pada seberapa mampu organisasi tersebut memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya dan memenuhinya secara efektif dan efisien di bandingkan pesaingnya.

Suatu perusahaan yang mengalami perkembangan serta kemajuan tidak terlepas dari beberapa faktor baik itu faktor interen maupun faktor eksteren. Adapun faktor eksteren antara lain adanya kebijaksanaan pemerintah, kompetisi dengan perusahaan yang sejenis yang semakin ketat, lokasi perusahaan dan sebagainya. Sedangkan faktor interen antara lain kebijaksanaan perusahaan dalam penetapan harga, produk, sistem promosi, control perusahaan dan sebagainya.

Setiap perusahaan harus mampu menghasilkan produk berupa barang atau jasa dengan lebih baik. Perusahaan di tuntut untuk memberikan produk yang bermutu dengan pilihan penetapan harga yang disesuaikan dengan kualitas atau kondisi pasar dalam arti pendapatan konsumen dan pesaing perusahaan. Ini merupakan hal yang sangat penting agar perusahaan tidak terjebak oleh kondisi pasar yang mudah berubah dan atau dengan mudah meraih pangsa pasar tanpa hambatan dalam menghadapi persaingan. Untuk terhindar dari kondisi tersebut perusahaan harus mampu mendeteksi karakteristik pelanggan dan calon konsumennya, dengan tujuan untuk memperoleh pangsa pasar yang diharapkan perusahaan. Dalam usaha meraih pangsa pasar yang akan di layani, setiap perusahaan berusaha menonjolkan kelebihan produknya dari produk pesaing dengan kebijakan bauran pemasaran atau marketing mix ( kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi) dan kebijakan lainnya. Hal ini bertujuan agar produk yang di hasilkan dapat di terima konsumen sehingga perusahaan dapat bertahan lebih lama dalam menghadapi persaingan.

Berorentasi pada perkembangan zaman dan persaingan yang semakin ketat saat ini, banyak perusahaan yang selalu berusaha mengembangkan produknya dengan menambah inovasi-inovasi baru, dengan menjaga mutu serta citra produk agar tetap dipandang baik dihadapan konsumen. Inovasi tersebut dapat dilakukuan dalam segala aspek misalnya, spesifikasi produk, harga, dan usaha promosi yang dilakukan. Hal ini dilakukan bertujuan untuk memberikan daya tarik tersendiri, dan pada saat konsumen mencoba dan membeli produk produk tersebut, sehingga kebutuhan dan keinginan konsumen terpenuhi, sehingga konsumen dapat terpuaskan.

Untuk memenangkan persaingan, kebijaksanaan perusahaan saja tidak cukup. Tetapi juga harus ada tindakan perusahaan untuk mengetahui dan menindaklanjuti keinginan dari pihak luar yaitu konsumen. Dengan kata lain, harus terdapat keseimbangan antara usaha pemasaran perusahaan dengan keinginan dan harapan konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Hal ini tercermin dari perilaku konsumen dalam mengkonsumsi produk tersebut.

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian konsumen. Salah satunya adalah bagaimana persepsi konsumen terhadap atribut produk yang ditawarkan. Pemasar perlu mengetahui atribut produk yang dianggap penting bagi konsumen, seperti merek dan kemasan. Kemudian pemasar akan berusaha meyakinkan konsumen sehingga produk yang mereka tawarkan mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan atas produk yang ditawarkan. Atribut-atribut produk tersebut akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk. Keputusan pembelian terhadap suatu produk itu, beberapa konsumen banyak mempertimbangan antara harga dan spesifikasi dari produk yang akan dibeli. Hal ini dapat dilihat dari kebijakan usaha yang di lakukan oleh perusahaan penyewaan kaset warner disc.

Harga merupakan komponen penting yang harus diperhatikan suatu perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan ketika perusahaan tersebut ingin memperkenalkan produk mereka kepada konsumen. Selanjutnya setelah penetapan produk dan harga, perusahaan perlu melakukan usaha promosi dengan tujuan perusahaan dapat memperkenalkan produk dan harga mereka kepada konsumen dan mendapatk atau dapat menarik konsumen yang sesuai dengan target perusahaan. Semua langkah tersebut sangat berkaitan erat sekali dengan kepuasan konsumen karena setelah konsumen mencoba dan membeli, dimana dalam hal ini konsumen melakukan penyewaan disc mereka akan membandingkan produk dan harga yang dipromosikan tersebut dengan harapan mereka, sehingga mereka ingin pendapatkan kepuasan tersendiri dari produk yang di tawarkan tersebut. Sehingga jika mereka merasa puas kemungkinan besar mereka tarik untuk menyewa kembali apabila produk itu mempunyai kualitas dan harga sesuai dengan harapan mereka.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: