KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR, KOMUNIKASI DAN INTERAKSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR


KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR, KOMUNIKASI DAN INTERAKSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII IPA SMA SE KABUPATEN PASAMAN BARAT

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Pendidikan menduduki peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas manusia, baik dalam kemampuan sosial, spiritual, intelektual maupun kemampuan professional, karena manusia merupakan kekuatan utama pembangunan. Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang sedang berkembang memiliki sistem pendidikan yang sistematis, sebagaimana dicantumkan dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan:

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, merupakan permasalahan pendidikan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia sekarang ini. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Pembangunan Nasional di bidang pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pendidikan merupakan upaya yang terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, makmur dan jauh dari kebodohan.  Namun, untuk mewujudkan maksud tersebut bukan hal yang mudah. Membutuhkan waktu dan dukungan dari seluruh komponen bangsa serta usaha yang harus direncanakan secara matang, berkelanjutan dan berlangsung terus-menerus.

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal untuk mencerdaskan anak bangsa dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Sekolah sangat besar peranannya dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan segala potensi yang miliki untuk menjadi manusia yang beriman, bertakwa, cakap, kreatif dan mandiri. Oleh sebab itu, sekolah harus melaksanakan pembelajaran yang bermutu untuk dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah digariskan dalam Undang-undang. Salah satu indikator mutu pendidikan yang terukur adalah dengan semakin baiknya hasil belajar yang dicapai siswa dalam setiap pelajaran yang mereka ikuti.

Telah banyak usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada mata pelajaran biologi, diantaranya adalah mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), seminar, pelatihan guru, penyempurnaan kurikulum dan lain-lain. Namun usaha tersebut belum menampakkan hasil yang memuaskan, karena pada kenyataannya, hasil belajar biologi masih rendah jika dibandingkan mata pelajaran lain.

Berdasarkan observasi dan wawancara penulis lakukan di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten Pasaman, pada tanggal 23-30 September 2013, didapatkan gambaran tentang proses pembelajaran biologi yang berlangsung di dalam kelas sebagai berikut: (1) kurangnya gaya mengajar guru, terlihat dalam pelaksanaan proses pembelajaran masih berpusat pada guru bukan siswa dimana guru menerangkan materi pembelajaran dan siswa hanya mendengarkan; (2) kurangnya komunikasi guru, dimana guru kurang bisa memberikan kata-kata yang dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran; (3) kurangnya interaksi guru, terlihat dari cara guru memberikan pertanyaan dan guru hanya menunjuk siswa yang sama untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dan (4) pada ujian semester I bahwa hasil belajar yang didapatkan masih jauh dari yang diharapkan, seperti yang dicantumkan pada tabel 1.

Tabel 1. Nilai Rata-rata UTS Semester Ganjil Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman Tahun Pelajaran 2013/2014

 

No Kelas Nilai Rata-Rata Kelas
1 XII IPA 1 71,5
2 XII IPA 2 70,0
3 XII IPA 3 65,4
4 XII IPA 4 62,4

Sumber: Tata Usaha SMA Negeri 1 Pasaman

Categories: Tesis | Tags: , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR, KOMUNIKASI DAN INTERAKSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR

  1. khoirul

    bos sya kok tertarik… bagaimana kelanjutannya..

  2. RIDUWAN

    mohon maaf mas kalau boleh tahu mana kelanjutan dari karya tulis sampian. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: