KORELASI PERSEPSI TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN CNC


Korelasi Persepsi Tentang Dunia Kerja dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pemrograman CNC Mahasiswa Teknik Mesin FT UNP Tahun 2011

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Arus informasi yang sangat pesat telah membawa konsekuensi terhadap pembangunan manusia di Indonesia, ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mengubah dengan sangat cepat cara dan gaya hidup manusia. Untuk itu segala upaya telah dipersiapkan dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan, diantaranya dengan berupaya meningkatkan diri agar menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Upaya untuk menciptakan SDM yang berkualitas dilakukan adalah dengan melaksanakan pendidikan yang baik.

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Menurut Undang-undang sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 pada bab 1 pasal 1 ayat 1 bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri, untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian dirinya, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Sistem pendidikan tinggi berdasarkan tujuannya digolongkan menjadi 2 kelompok yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesional. Pendidikan akademik adalah pendidikan yang diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuan. Sedangkan pendidikan profesional diarahkan pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Implementasi pendiidkan akademik terdiri dari program strata dan pendidikan profesional terdiri dari program diploma dan program spesialis. Penerapan pendidikan tinggi di Indonesia telah dibuktikan dengan adanya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ikut menyukseskan tujuan dari sistem pendiidkan tinggi yang mengarah pada pendidikan akademik dan pendidikan profesional salah satunya adalah Universitas Negeri Padang.

Fakultas Teknik UNP dapat dijadikan wadah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia saat ini. Fakultas Teknik (FT) UNP merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki tujuan pendidikan yaitu “untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang teknik dan kejuruan”. Keberadaan Jurusan Teknik Mesin di Fakultas Teknik UNP dituntut untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan menciptakan lapangan kerja, sehingga mahasiswa harus memiliki keterampilan serta sikap professional dalam suatu bidang agar mahasiswa tersebut memiliki kesiapan dalam bekerja.

Di samping pendidikan diarahkan pada penyiapan tenaga siap kerja, dunia kerja juga menginginkan lulusan yang high competence yaitu lulusan dengan kemampuan teknis dan sikap yang baik. Jika dijabarkan maka kompetensi lulusan yang dibutuhkan terbagi dalam dua aspek:

  1. Aspek teknis yang berhubungan dengan latar belakang keilmuan yang dipelajari atau keahlian yang diperlukan di dunia kerja, yang kemudian disebut technical skill atau hard skill. (standar ketercapaiaannya “ apa?Bagaimana?”)

Aspek non teknis yang mencakup motivasi, adaptasi, komunikasi, kerja sama tim, problem solving manajemen stres, kepemimpinan dan lain-lain, yang kemudian disebut soft skill (Harmoni, 2007; Santoso, 2008; Suherman, 2005; Putra & Pratiwi, 2005; Hary, 2008).

Categories: Tesis | Tags: , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: