PENERAPAN METODE RESITASI (PEMBERIAN TUGAS) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK


Penerapan metode resitasi (pemberian tugas) untuk peningkatan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik siswa kelas X di SMKN 1 Bukittinggi

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak bagi seluruh umat manusia, dengan pendidikan manusia memiliki pengetahuan, nilai dan sikap dalam berbuat untuk ikut menunjang pertumbuhan dan pembangunan yang dibutuhkan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan :

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.

 

 

Proses pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari input, proses dan output. Input merupakan peserta didik yang akan melaksanakan aktivitas belajar, proses merupakan kegiatan dari belajar mengajar sedangkan output merupakan hasil dari proses yang dilaksanakan. Dari pelaksanaan proses pendidikan tersebut diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing yang tinggi untuk menghadapi persaingan di era globalisasi dewasa ini.

Pendidikan dapat dilakukan secara formal, nonformal maupun informal. Pendidikan formal dilakukan terstruktur, berjenjang  yang didalamnya terdapat juga unsur pelatihan untuk mendapatkan keterampilan, serta ditandai kelulusannya dengan ijazah serta gelar/sebutan yang mengatakan bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan formal pada jenjang tertentu. Sedangkan nonformal adalah  berupa  pelatihan – pelatihan diluar pendidikan formal guna mendapatkan keterampilan untuk melengkapi proses pendidikan formal.  Selanjutnya proses pendidikan informal dapat dilakukan lebih fleksibel dilingkungan keluarga.

SMK N I Bukittinggi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 29 Tahun 1990 pasal 3 ayat 2, adalah jalur pendidikan formal yang mempunyai kepentingan menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional dalam bidang teknologi yang sesuai dengan program studinya masing masing. Program studi yang diselenggarakan dibagi kedalam tiga bidang, yaitu Teknik Bangunan, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Otomotif. Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ) merupakan Bidang Teknik Elektro yang berorientasi pada penciptaan tenaga kerja kelistrikan dengan tujuan pokok menyiapkan tenaga profesional pada keahlian teknik dan teknologi.

Menurut Kurikulum edisi 2004 (2004 : 7)

Tujuan SMK khususnya pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik adalah :

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya.
  2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.

 

Berdasarkan tujuan tersebut tamatan SMK program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar seluruh mata diklat. Mata diklat tersebut dikelompokkan atas tiga program yaitu program normatif contohnya Bahasa Indonesia, program adaptif contohnya Fisika, dan program produktif contohnya Menganalisis Rangkaian Listrik.

Categories: Skripsi | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: