PENGARUH TUGAS RUMAH MEMBUAT PETA KONSEP YANG MENGAWALI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPRESITATION TERHADAP HASIL BELAJAR


Pengaruh Tugas Rumah membuat Peta Konsep yang mengawali Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compresitation terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Suliki

BAB I

PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia mulai dari kandungan sampai beranjak dewasa kemudian tua. Manusia mengalami proses pendidikan yang didapat dari orang tua, masyarakat maupun lingkungannya. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas pemerintah telah melakukan berbagai upaya, serta peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, melengkapi sekolah dengan sarana dan prasarananya dan pembaharuan kurikulum.

Biologi merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan dan Alam. Pada pembelajaran biologi siswa dapat melakukan kegiatan dalam bentuk penyelesaian tugas misalnya: berdiskusi, memecahkan permasalahan, praktikum, melakukan pengamatan, membuat laporan, berkomunikasi dan sebagainya. Siswa dituntut untuk beraktivitas semaksimal mungkin, baik secara mandiri maupun secara berkelompok dengan bimbingan dari guru. Dengan melakukan kegiatan siswa akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang materi yang disajikan, akan terbentuk sikap dan keterampilannya.

Berdasarkan hasil survey penulis dan wawancara penulis dengan ibu Noveri Yenti guru biologi SMP 2 Suliki pada tanggal 27 Agustus 2013, terungkap bahwa nilai ulangan harian Biologi semester I siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2013/2014 masih jauh dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Nilai KKM yang telah ditetapkan guruyakni 70.

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kurang tepatnya strategi pembelajaran, belum optimalnya pengguanaan media, serta rendahnya motivasi belajar siswa. Secara umum pembelajaran biologi masih terpusat kepada guru sementara siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Siswa cenderung pasif dan jarang bertanya atau mengajukan pertanyaan. Selain itu, guru juga jarang menuntut siswa untuk melakukan berbagai kegiatan/tugas padahal dengan adanya kegiatan/tugas yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, akan menjadikan siswa aktif serta memudahkannya dalam menguasai pelajaran.

Pembelajaran pasif jika tidak segera diantisipasi tentu akan merugikan siswa, akibatnya siswa akan mengalami kesulitan-kesulitan dalam memahami materi selanjutnya. Siswa yang tidak paham, akan mengalami kegagalan dalam pembelajaran serta gurupun sulit mencapai tujuan instruksional yang diharapkan dan akhirnya tujuan pembelajaran biologi berdasarkan kurikulum tidak bisa diwujudkan.

Berdasarkan masalah diatas maka guru perlu menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang dapat memotivasi aktivitas belajar siswa. Guru perlu melatih siswa mendengarkan pendapat temannya dan membuat resume dan bekerja dalam kelompok untuk saling bekerja sama, saling membantu satu sama lain dalam mengitegrasikan pengetahuan-pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah dimilikinya.

Salah satu alternatif yang dilakukan untuk mencapai maksud diatas adalah melalui model pembelajaran Cooperative Integrited Reading Compresitation (CIRC). Menurut Nurhayati (2006: 97) model CIRC adalah suatu model terampil membaca dan menulis sehingga menemukan ide-ide atau gagasan. Manfaat dari model ini siswa tertarik untuk membaca dan menuliskan ide-ide atau tanggapan dari sebuah lembaran diskusi siswa, sehingga menimbulkan minat untuk bekerjasama dalam kelompok diskusi untuk dipresentasikan

Categories: Skripsi | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: