UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TANAMAN PAGAN DAN HOLTIKULTURA SISWA KELAS XI BUDIDAYA TANAMAN SMK NEGERI 1 BONTOMANAI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TANAMAN PAGAN DAN HOLTIKULTURA SISWA KELAS XI BUDIDAYA TANAMAN SMK NEGERI 1 BONTOMANAI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang Masalah

Salah satu masalah ynag dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, siswa tidak terdorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Proses pembelajaran dalam kelas hanya diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi (Sanjaya, 2006).

Otak siswa dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya ketika anak didik kita lulus dari sekolah mereka merasa pintar secara teoritis tetapi mereka miskin aplikasi.

Problematika pendidikan yang terjadi di Indonesia salah satunya adalah terdapatnya kesenjangan yang cukup lebar antara pengetahuan yang dimiliki para siswa dengan sikap dan perilakunya. Banyak siswa yang tahu atau hafal materi pelajaran, tetapi tidak mampu mengaplikasikan pengetahuannya bagi peningkatan kualitas kehidupannya.

Pembelajaran efektif seharusnya pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dalam proses belajar mengajar. Namun, pembelajaran selama ini hanya berpusat pada guru dan kurang relevan dengan kehidupan siswa. oleh karena itu, perlu adanya sebuah model dan media pembelajaran yang tidak hanya mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta tetapi sebuah mdel dan media pembelajran yang mendorong siswa mengkontruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri.

Berdasarkan Undang-Undang Sistim Pendidikan Nasional (UUSPN) No.20 tahun 2003 tersebut, maka dunia pendidikan berperan penting dalam mengembangkan potensi manusia. Proses pengembangan potensi manusia itu melalui proses pembelajaran. Di dalam proses pembelajaran siswa dibimbing untuk mandiri dalam mempelajari semua mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh dinas pendidikan. Salah satu mata pelajaran yang berperan dalam mengembangkan potensi siswa yaitu mata Pelajaran tanaman pagan dan holtikultura yang merupakan bagian dari Kompetensi Keahlian Pertanian. Dapat dikatakan bahwa Kompetensi Keahlian Pertanian merupakan suatu panduan sejumlah konsep-konsep ilmu pertanian. Kompetensi Keahlian Pertanian mempelajari manusia dengan lingkungan fisiknya untuk memahami masalah-masalah Pertanian.

Mata Pelajaran tanaman pagan dan holtikultura merupakan suatu program pendidikan yang disajikan sebagai suatu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu pertanian. Melalui mata Pelajaran tanaman pagan dan holtikultura, siswa diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan tentang konsep-konsep dasar pertanian, serta memiliki keterampilan dan sikap yang baik dalam memecahkan persoalan serta masalah hidup dalam Pertanian masyarakat yang kompleks dan penuh tantangan yang terjadi di lingkungannya.

Begitu kompleksnya materi-materi yang terdapat pada mata Pelajaran tanaman pagan dan holtikultura, sehingga siswa jenuh dengan mata pelajaran tersebut. Ditambah lagi dengan metoda pembelajaran Pertanian selama ini menggambarkan hubungan guru dengan siswa yang bersifat kognitif intelektual. Artinya guru menyampaikan pengetahuan dan memberikan intruksi kepada siswanya tentang segala sesuatu yang bernuansa pengetahuan intelektual. Siswa seperti cawan yang masih kosong yang harus di isi guru, sebaliknya guru bagaikan sebuah ceret yang mengucurkan air sebanyak-banyaknya kepada siswa yang mengakibatkan guru kehabisan nafas. Walaupun usaha guru sudah maksimal, namun minat terhadap mata pelajaran tanaman pagan dan holtikultura masih kurang (Dep P dan K, 1982:4)

Categories: PTK | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: