UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRODUKTIF TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS XII SMK


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRODUKTIF TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS XII SMK

BAB I

PENDAHULUAN

 

Pada bagian ini dipaparkan hal-hal yang berhubungan dengan wawasan umum tentang penelitian, yaitu: (1) latar belakang penelitian, (2) rumusan masalah penelitian, (3) tujuan penelitian, dan (4) manfaat penelitian. Paparan tersebut penulis sajikan secara berurut sebagai berikut.

  1. Latar Belakang

Mata pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan (PTKJ) marupakan mata pelajaran yang wajib diberikan dan dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) prodi Teknik Komputer dan Jaringan Kelas XII. PTKJ juga merupakan suatu mata pelajaran yang dapat melatih keterampilan dan memberikan kesempatan berfikir kritis dan objektif kepada peserta didik. Dalam proses pembelajaran PTKJ menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa agar dapat menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup agar siswa mempelajari dan memahami bidang teknologi komputer dan jaringan. 

Menurut Depdiknas (2006:484) “ditingkat SMK pembelajaran PTKJ menekankan pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah”. Dalam keterampilan proses melibatkan berbagai kegiatan dan tindakan yang perlu dilakukan oleh siswa untuk memperoleh hasil belajar yang baik dan bermakna. Proses tersebut dilaksanakan melalui interaksi antara siswa dengan lingkungannya. Dalam proses ini siswa termotivasi dan senang melakukan kegiatan belajar, ini berarti peranan pendekatan dalam proses pembelajaran sangat penting  kaitannya dengan keberhasilan belajar.

Pembelajaran PTKJ di SMK diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri, keterampilan yang bermanfaat dan alam sekitarnya, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yang didasarkan pada metode ilmiah. Depdiknas (2010:484-485) menyatakan bahwa:

Pembelajaran PTKJ dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep TKJ yang bermanfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara TKJ, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki kebutuhan dunia teknologi, memecahkan masalah dan membuat keputusan, meningkatkan kesadaran untuk berperan, konsep dan keterampilan TKJ sebangai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi.

 

Sehubungan dengan pentingnya peranan pendidikan TKJ untuk mengembangkan kompetensi peserta didik tersebut, salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan TKJ adalah dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Salah satu materi pembelajaran PTKJ pada semester I Kelas XII SMK yang terdapat dalam kurikulum adalah Mengadministrasi Server dalam Jaringan.

Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan pada tanggal 18 September 2014 di Kelas XII SMK Negeri 1 Penda Haur-1, pembelajaran TKJ dilaksanakan belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang tercantum pada kurikulum SMK 2006, yang mana dalam proses pembelajaran TKJ itu  menekankan pada pemberian pengalaman langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah, karena dengan keterampilan proses ini siswa benar-benar merasa terlibat dalam proses pembelajaran, siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran, siswa akan lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.

Categories: PTK | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: