UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KISAH SUKSES PELAKU EKONOMI


Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ekonomi  Menggunakan Bahan Ajar Kisah Sukses Pelaku Ekonomi Pada Siswa Kelas X-5 Madrasah Aliyah Negeri  14 Jakarta

BAB I

PENDAHULUAN

  1.  Latar Belakang Masalah

 Selain intelegensi, minat merupakan faktor psikologis yang mempengaruhi hasil belajar siswa (Syah, 2002). Hal itu karena minat terkait erat dengan motivasi. Minat terhadap pelajaran tertentu akan memotivasi siswa lebih tekun mempelajari bidang studi yang diminatinya tersebut. Minat belajar tidak saja penting bagi siswa namun juga menjadi masalah penting yang harus dihadapi guru. Keberhasilan atau kegagalan guru dalam membangkitkan minat belajar siswa sangat berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi hasil belajar yang dikehendaki. Tanpa adanya  minat siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan, maka guru harus bersiap mengalami kekecewaan, frustasi dan makan hati ketika mengajar. Di lain pihak, hal yang sama juga dialami oleh siswa yaitu sikap apatis, pasif, tidak memahami materi dan pada akhirnya hanya berorientasi pada nilai.

Mata pelajaran ekonomi bukan mata pelajaran yang sama sekali baru diajarkan pada tingkat sekolah menengah atas (SMA/MA). Siswa klas X di tingkat SMA/MA sudah memiliki pengalaman belajar ekonomi ketika mereka masih duduk di bangku SMP/MTs. Pengalaman belajar sebelumnya dapat mempengaruhi minat belajar siswa (Hurlock, 1980). Berdasarkan wawancara singkat, mayoritas siswa klas X menganggap bahwa mata pelajaran ekonomi adalah mata pelajaran yang tidak menarik atau biasa-biasa saja. Faktor-faktor yang menjadi penyebab diantaranya adalah mata pelajaran ekonomi dianggap sulit karena banyak menghitung dan menghafal. Selain itu, faktor guru yang kurang mengembangkan metode pembelajaran ekonomi juga dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi  minat siswa terhadap mata pelajaran ekonomi.  Memperhatikan kondisi tersebut, guru mata pelajaran ekonomi di klas X harus berupaya sedemikian rupa mengembangkan metode pembelajaran sehingga minat siswa belajar ekonomi tinggi.

Tujuan umum pendidikan ekonomi di SMA/MA adalah agar peserta didik dapat merekam peristiwa ekonomi yang terjadi disekitar lingkungannya dan mengambil manfaat untuk kehidupannya yang lebih baik (KTSP 2006).  Hal itu sesuai dengan pengertian ilmu ekonomi yaitu bidang studi tentang umat manusia dalam kehidupan sehari-sehari (Mankiw, 2007). Dengan demikian, karakteristik ilmu ekonomi adalah sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Atau dapat dikatakan bahwa sebagian besar sumber segala permasalahan di dunia ini adalah masalah ekonomi.

Dengan karakteristik ilmu ekonomi yang ’membumi’ tersebut, semestinya pelajaran ekonomi adalah pelajaran yang menarik. Pelajaran ekonomi adalah pelajaran tentang permasalahan hidup sehari-hari yang pasti dialami oleh setiap manusia selama hidup di dunia. Pelaku-pelaku ekonomi baik konsumen, produsen, maupun distributor bertebaran di sekeliling kita menjadi buku  terbuka yang siap untuk dipelajari. Kisah pelaku ekonomi yang sukses maupun yang gagal dapat menjadi contoh bagaimana penerapan suatu teori ekonomi dalam kehidupan nyata. Penggunaan kisah sukses pelaku ekonomi dalam pembelajaran ekonomi diharapkan dapat membangkitkan minat siswa belajar ekonomi. Lebih lanjut diharapkan dapat memotivasi siswa berperilaku  ekonomis dalam menentukan pilihan-pilihan terbaik diantara keterbatasan sumber daya yang dimiliki.

 

 

Iklan
Categories: PTK | Tag: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: